Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI)  mengapresiasi diselenggarakannya jenis olahraga yang baru pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan.

"Jenis olahraga ini terbilang masih baru bagi masyarakat Hulu Sungai Utara,  sehingga dengan digelarnya turnamen ini makin banyak penggemarnya," ujar Ketua KONI Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) H. Barkati di Amuntai, Rabu.

Barkati menjelaskan, olahraga dimaksud adalah Petanque yang diselenggarakan oleh federasi yang menaunginya yakni FOPI.
Baca juga: Lima Tahun Kedepan Tapin tidak akan bangun fasilitas olahraga baru

Berkati mengatakan, Petanque cabang olahraga tergolong baru di HSU namun ada satu orang pemain Petanque didaerah ini yang akan memperkuat tim Petanque Kalimantan Selatan pada Pra PON di Jakarta  21 September mendatang.
 
Peserta turnamen Pentaque. (Eddy Abdillah)

Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) dengan dukungan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) dan KONI HSU menggelar turnamen Petanque dalam rangka memeriahkan proklamasi kemerdekaan yang ke 74 dilapangan sepak bola GOR Karias.

Turnament Petanque ini ternyata cukup banyak peminatnya, sedikitnya ada 62 orang peserta yang mendaftarkan diri untuk ikut turnamen cabang olahraga ini, terdiri 41 laki-laki dan 21 wanita.
Baca juga: Pantai Angsana Destinasi Baru Wisata Kalsel

Pihak panitia tidak membatasi peserta dari tingkat usia, pelajar atau pun masyarakat umum dan turnamen diselenggarakan hanya satu hari.
 
Kabid Oalhraga Fakhruzzaini sekaligus ketua FOPI HSU didampingi Ketua KONI saat membuka turnamen Pentaque. (Eddy Abdillah)

Kabid olahraga Dispopar HSU, H. Fakhruzzaini, saat membuka turnamen Petanque menjelaskan, Petanque merupakan jenis olahraga yang dulunya berasal dari Prancis.

Olahraga ini, lanjut Fakhruzaini, sudah ada sejak 1907-an, bentuknya berupa permainan olahraga melempar bola besi sedekat mungkin dengan bola kayu yang disebut 'cochonet'.

Fakhruzzaini yang sekaligus Ketua FOPI cabang HSU menjelaskan, dalam turnamen Petanque, terdapat single tim, double tim, triple tim, dan mix tim dan jenis permainan ini adalah batle tim.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019