Ketua Tim Penggerak  PKK Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan Hj  Nurul Hikmah Sukamta mengatakan, kegiatan Jambore Kader Posyandu Se-Kabupaten Tanah Laut  bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dari seluruh Posyandu yang ada di kabupaten tersebut.

Nurul Hikmah Sukamta menilai, peran dari Posyandu sangat penting karena sasarannya adalah langsung ke masyarakat desa.

"Para Kader Posyandu merupakan ujung tombak pemerintah untuk memberikan sosialisasi tentang kesehatan kepada masyarakat, merekalah yang secara langsung bisa mengajak masyarakat agar bisa melaksanakan Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS)," tuturnya  pada pembukaan Jambore Kader Posyandu se-Kabupaten Tanah Laut 2019, di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kijang Mas, Rabu (14/8).
  .
Terpisah, Bupati Tanah Laut H Sukamta mengungkapkan,   kegiatan tersebut merupakan dalam rangka silaturahmi seluruh kader Posyandu se-Kabupaten Tanah Laut.

Baca juga: Dinkes wajibkan Puskesmas isi ASPAK tingkatkan pelayanan kesehatan.

Dia berharap,  pada rangkaian acara jambore tersebut ada diskusi sesama Kader Posyandu, sehingga dapat menjadi tempat bertukar ide dan gagasan untuk meningkatkan kualitas Posyandu kedepannya.

"Posyandu adalah sebuah institusi terdepan dalam rangka membangun Sumber daya Manusia (SDM) , karena Posyandu terdepan dalam pencegahan stunting serta kematian ibu dan anak saat melahirkan,”terangnya.

Lebih lanjut dia mengemukan, nasib bangsa ada pada Posyandu karena mereka lah yang memberikan sosialisasi kesehatan kepada masyarakat, seperti melahirkan bayi sehat  yang bisa menjadi pemimpin bangsa sehat badan dan pikirannya.

Pada pembukaan Jambore Kader Posyandu se-Kabupaten Tanah Laut  dihadiri  Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tanah Laut  Yati Octoviana Abdi Rahman dan para perwakilan dari organisasi wanita se- Kabupaten Tanah Laut.

Baca juga: Kotabaru wins two champions in posyandu jamboree

 
PKK Tanah Laut menggelar Jambore Kader Posyandu se-Kabupaten Tanah Laut 2019, di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kijang Mas, Rabu (14/8).Foto:Antaranews Kalsel/Humas. .

 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019