Puncak Peringatan Hari jadi ke-69 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang digelar Rabu, (14/8) di Siring Nol Kilometer Banjarmasin dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten HST untuk mempromosikan kuliner khas Barabai yang dibagikan secara gratis ke masyarakat.

Kesan merakyat begitu terasa dengan hadirnya pesta rakyat dengan puluhan stand makanan yang disediakan Paman Birin (Gubernur Kalsel), yang juga diikuti oleh seluruh pemerintah daerah yang ada di Provinsi Kalsel yang turut serta membuka stand yang menyediakan berbagai macam masakan dan kue.

Baca juga: Majelis Sholawat Nurul Latif meriahkan Harjad Provinsi Kalsel

Bupati HST, H A Chairansyah mengatakan Momentum ini dimanfaatkan untuk mengenalkan produk unggulan kepada masyarakat baik yang dihasilkan oleh UMKM, UP2K serta Dekranasda HST.

"Kita ingin produk unggulan yaitu kuliner yang merupakan khas Kota Barabai ini dapat bangkit dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas, sehingga bisa meningkatkan keuntungan pendapatan," imbuhnya.

Baca juga: HST rencanakan pembangunan rumah singgah lansia

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan HST, H Ali Fahmi mengatakan, Pemerintah HST menyajikan kuliner khas yaitu apam, balikuhai, lam, kacang jaruk, dan sasagun untuk dibagikan kepada masyarakat Banjarmasin dan pengunjung stand dari berbagai Kabupaten lainnya.

"Kali ini kita menyajikan kue khas kuliner HST untuk dibagikan ke masyarakat sekaligus mengenalkannya sehingga harapannya, mereka bisa berkunjung ke Kabupaten HST untuk mencari kuliner khas Barabai ini," kata Ali.

Baca juga: Sekolah di Barabai ini bagikan 1100 paket kurban tanpa kantong plastik

Dari pantauan di lapangan, masyarakat rela berdesak-desakan di stand HST, demi mendapat makanan yang telah disediakan secara gratis, bahkan penjaga stand sempat kewalahan sampai meminta bantuan Anggota Satpol PP untuk mengamankan.

"Padahal kami menyediakan cukup banyak, Allhamdulillah kuliner HST termasuk jadi favorit warga yang datang sampai habis," ujar Ali Fahmi yang juga turut membantu penjaga stand membagi makanan kepada warga.

Bupati HST bersama istri saat hadir pada Harjad Kalsel (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)


Baca juga: Tiga warga HST tertangkap main judi di belakang sekolah
Baca juga: Satu caleg HST terpilih tidak hadir saat pelantikan
Baca juga: Rahmadi sempat dapat interupsi saat menjadi pimpinan semantara DPRD HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019