Barabai, (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Tengah H. Harun Nurasid, meresmikan Masjid Al- Umm di desa Banua Binjai, Kecamata Barabai.

Menurut Harun, pemerintah daerah sangat mengapresiasi Yayasan Al-Umm yang sudah membangun prasaran tempat ibdah untuk masyarakat di lingkungan tersebut.

“Selain memakmurkan masjid, tentunya kita juga dapat menjadikan masjid sebagai tempat sillaturrahmi, dan komunikasi antar umat, sehingga tidak terjadi perpecahan dalam masyarakat kita, ini semua dilakukan demi membangun generasi masyarakat yang baik bagi kabupaten HST,” ujarnya sekaligus meresmikan masjid yang berada dikawasan komplek Bulau Indah Baru, Desa Banua Binjai.

Peresmian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati HST, H. Harun Nurasid, didampingi ketua yayasan Al-Umm Kalsel, dan ketua Lajnah Al-Khairiyyah Asia Tenggara.

Ketua Yayasan Al-Umm Propinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Hasbi Ridhani, mengungkapkan bahwa pemberian nama yayasan dan masjid Al-Umm ini terinspirasi dari kitab Imam Syafi’i.

“Imam Syafi’I merupakan salah satu tokoh Islam yang menghabiskan waktunya untuk ilmu, Umm sendiri dalam bahasa arab memiliki pengertian induk atau ibu. Kami berharap masjid yang didirikan di atas tanah sekitar satu hektar ini selain menjadi sarana tempat ibadah, juga sebagai tempat masyarakat berbagi ilmu agama dan Al-qur’an nantinya,” ungkapnya.

Sementara itu Ahmad Zawawi, selaku perwakilan donatur, mengungkapkan hal senada. Menurutnya keindahan suatu masjid tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya usaha memakmurkan masjid itu sendiri.

“Alhamdulilah pembangunan masjid ini dapat berjlan dengan lancar, meskipun dimulai denga dana yang minim, namun berkat kecintaan masyarakat terhadap Islam masjid yang menghabiskan dana sekitar satu milyar lebih ini dapat dibangun,” uajr ketua Lajnah Al-Khairiyyah Asia Tenggara ini.

Dalam acara peresmian Masjid Al-Umm ini juga berhadir Ketua Tim Penggerak PKK HST, Hj. Tintaina Harun Nurasid Kepala Kementerian Agama Kabupaten HST,H.M.Yamani, para SKPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama desa Banua Binjai.

Pewarta: Fathurahman

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013