Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Barito Kuala mengikuti Bimbingan Teknik (Bimtek) Baca juga: (UP2K) PKK Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan, di  Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Rabu (7/8).

Bimtek UP2K PKK dibuka Gubernur Kalsel melalui Kepala Dinas Perindustrian Kalsel Mahyuni mengatakan, angka kemiskinan Kalsel saat ini jauh berada di bawah rata-rata angka kemiskinan nasional yakni berkisar 4 persen dan nasional berkisar 9 persen.

Angka kemiskinan tersebut, tambah dia,  terendah di regional Kalimantan.

Capaian ini tidak lepas dari program mengatasi kemiskinan yang dilakukan pemerintah daerah maupun TP-PKK Kalsel melalui program UP2K.

Baca juga: Wabup : Kiprah PKK sangat dirasakan

“Saya mengapresiasi kerja-kerja konsisten TP-PKK dalam mensejahterakan keluarga, khususnya melalui program UP2K yang dikembangkan di desa-desa,” kata gubernur melalui Kadis Perindustrian Kalsel Mahyuni.

Disebutkan, UP2K di Kalsel berkembang dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari presentasi UP2K. Prestasi UP2K bisa bekerja secara maksimal melalui terobosan-terobosan yang mendorong peningkatan pendapatan keluarga.

“Bangun kerja sama dengan pengusaha di Kalsel, terutama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kalsel,” saran gubernur.

Sementara, Ketua TP-PKK Provinsi Kalsel Hj Raudhatul Jannah Sahbirin melalui Wakil Ketua Pojka 4 Rismawati berharap, melalui Bimtek UP2K ini mampu meningkatkan kapabilitas kader PKK kabupaten/kota untuk meningkatkan pendapatan keluarga di daerah-daerah.

Baca juga: Ketua PKK Batola hadiri HUT IGTKI-PGRI ke-69
Baca juga: Sekda-Ketua PKK Batola hadiri puncak Harganas 2019

Mengingat, lanjutnya, kader-kader PKK dapat memaksimalkan potensi daerah masing-masing melalui UP2K untuk peningkatan pendapatan masyarakat.

“PKK kabupaten/kota harus terus melakukan pembinaan ke kecamaatan dan desa-desa dalam pengembangan UP2K,” ucapnya.
Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Barito Kuala mengikuti Bimbingan Teknik Usaha Peningkatan Kesejahteraan Keluarga (UP2K) PKK Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Selatan, di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Rabu (7/8).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019