Oleh Imam Hanafi

Kotabaru, (Antaranews.Kalsel) - Pulau Pamalikan di wilayah Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi obyek wisata bahari.

"Pulau Pamalikan menyimpan potensi wisata yang menakjubkan, di antaranya menjadi tempat berkembangbiaknya beberapa jenis penyu," kata anggota Komisi III DPRD Kotabaru, Ihtiar Samsul Alam di Kotabaru, Senin.

Selain itu, panorama pulau yang tidak terlalu luas itu cukup indah, dan mempesona bagi yang melihatnya. Pulau Pamalikan bisa dijadikan tempat wisata dan juga untuk melestarikan penyu yang termasuk dalam kelompok binatang dilindungi.

Hanya saja, ujarnya pemerintah daerah perlu merumuskan kembali agar populasi penyu di pulau itu tetap terjaga, tidak berkurang seperti kondisi saat ini.

Selama ini populasi penyu di Pulau Sembilan kian tahun semakin kurang jumlahnya. "Karena, diduga masih ada oknum yang sengaja mengambil penyu untuk dijual ke luar daerah," ucapnya.

Ini menjadi tugas pemerintah daerah untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. Pihaknya menduga hingga saat ini pemerintah daerah masih belum melakukan upaya agar populasi tersebut terus bertambah, misalnya menindaktegas pengambil telur untuk dibisniskan.

Samsul berharap kepada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kotabaru segera meninjau langsung ke Pulau Pamalikan .

Sementara itu, Pulau Pamalikan, merupakan salah satu pulau yang berada di wilayah Kecamatan Pulau Sembilan.

Kecamatan Pulau Sembilan memiliki luas wilayah 4,76 Km2, dengan ibukota Marabatuan. Pulau Sembilan bisa didatangi dari Kotabaru dengan menggunakan kapal perintis yang memakan waktu berlayar sekitar 8-12 jam.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013