Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta memberikan materi kepemimpinan kepada  para siswa-siswi SLTA terpilih sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Tanah Laut 2019, Selasa (6/7) malam.

Kegiatan pemberian materi tentang kepemimpinan oleh Bupati Tanah Laut H Sukamta tersebut diikuti oleh 40 orang Paskibra Tanah Laut dan dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Tanah Laut Lutfiati Uyun bertindak sebagai moderator kegiatan.

Bupati Tanah Laut H Sukamta memaparkan, setiap orang memiliki jiwa kepemimpinan, namun kepemimpinan harus selalu diasah, salah satunya dengan mengembang minat dan bakat yang dimiliki.

"Semua orang punya kelebihan dan bakat, meskipun setiap manusia tidak ada yang sempurna dan memiliki banyak kelemahan, namun jika kita fokus pada bakat dan kelebihan kita maka kita akan bisa menjadi orang unggul yang akan bertindak sebagai pemimpin," ujarnya.

Sukamta juga mengatakan, menjadi pemimpin berarti harus bisa memiliki kecerdasan dan kemampuan intelektual yang tinggi, sehingga kebijakan yang diambil akan tepat dan bermanfaat.

Baca juga: APBD perubahan 2019 diusulkan bertambah Rp23,561 miliar

"Pemimpin haruslah cerdas dan intelektual, caranya dengan rajin membaca buku untuk membuka wawasan kita dan banyak  berdiskusi agar otak semakin terasah. Pemimpin wajib cerdas karena keputusan dari pemimpin memiliki dampak yang luar biasa bagi orang banyak," terangnya.

Dalam kesempatan itu,  Sukamta mengungkapkan,  pemimpin juga harus memiliki pengendalian emosi yang baik, sehingga harmonisasi akan selalu terjaga.

Sukamta menceritakan kisah singkat perjuangannya dulu ketika pertama kali bertugas di Kabupaten Tanah Laut bertugas sebagai pembuat amplop, mengetik surat dan mengantarkan surat.

"Dulu pekerjaan saya pertama saat saya bertugas di Pemkab Tanah Lauty  hanyalah pembuat amplop, mengetik surat dan mengantarkan surat dan alhamdulillah sekarang bisa menjadi Bupati Tanah Laut,”ungkapnya.

Salah satu rahasia dalam memulai pekerjaan, jelas dia,  ketika  ditempatkan dimanapun dan dalam kondisi apapun selalu melakukan yang terbaik.

“Saya berusah menjadi lebih baik, lebih rajin dan giat daripada orang lain dan alhamdulillah hasilnya saya bisa seperti ini" pungkasnya.

Baca juga: Pemkab gelar BID di Muara Asam-Asam
Baca juga: Tim BLUD Tanah Laut nilai empat Puskesmas
 
Bupati Tanah Laut H Sukamta menyerahkan bendera kepada pelatih Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Tanah Laut 2019.Foto:Antaranews Kalsel/Humas.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019