Ketua Tim Penilai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)  Puskesmas Kabupaten Tanah Laut H Syahrian Nurdin mengatakan, ada empat Puskesmas di Tanah Laut akan memiliki pola pengelolaan keuangan seperti BLUD.

“Saat ini pihaknya sudah melakukan penilaian terhadap keempat Puskesmas tersebut,”ujar Sekdakab Tanah Laut H Syarian Nurdin, Sabtu (13/7).

Menurut dia, ada empat hal menyangkut keadministrasian yang sudah pihaknya periksa dan diberikan nilai.

“Persyaratannya kami penuhi sesuai dengan Permendagri No.61/2007,"ungkapnya.

Baca juga: RSUD Balangan Miliki Pengolah Limbah Beracun

Syahrian Nurdin mengaku,  sangat mengapresiasi kinerja dari Tim Penilai BLUD Puskesmas Tanah Laut karena dalam beberapa bulan terakhir sudah bekerja keras untuk mewujudkan pengelolaan BLUD untuk keempat Puskesmas yang akan menjadi BLUD.

“Empat Puskesmas yang sudah dinilai Tim BLUD Tanah Laut adalah, UPT Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kurau, UPT Puskesmas Bati-Bati, UPT Puskesmas Angsau dan UPT Puskesmas Tajau Pecah,”terangnya.

Dia  mengharapkan,  dalam beberapa bulan kedepan 15 Puskesmas lainnya di wilayah Tanah Laut mampu mengikuti jejak dari keempat Puskesmas yang akan dijadikan BLUD tersebut.

"Saya harap semua Puskesmas nanti bisa memiliki pola pengelolaan keuangan seperti  BLUD, karena memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat adalah tanggung jawab kita semua," tegasnya.
Baca juga: Incinerator RSUD Balangan Resmi Mengantongi Izin
 
Bupati Tanah Laut H Sukamta, Wakil Bupati Tanah Laut Abdi Rahman dan Sekdakab Tanah Laut H Syahrian Nurdin menyaksikan sidang penilaian empat Puskesmas, Sabtu (13/7).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.
Sementara itu, Bupati Tanah Laut H Sukamta mengatakan, pengelolaan keuangan BLUD diharapkan keempat Puskesmas tersebut lebih leluasa dalam bergerak serta merespon persoalan di masyarakat dengan lebih mudah.

“Karena sistem kelola BLUD yang lebih fleksibel dan mudah,”tegasnya.

Sukamta mengungkapkan,  diawal akan sulit dalam sistem pengelolaan BLUD tersebut,   namun hal itu adalah suatu tantangan saat memulai sebuah inovasi baru.

"mungkin diawal berat , itu hal biasa yang terjadi ketika kita memulai sebuah inovasi yang baru, jika masyarakat banyak berkomentar negatif mungkin mereka hanya belum tahu apa yang sebenarnya kita kerjakan,"tandasnya.

Lebih lanjut dia mengajak para hadirin peserta sidang agar bergandeng tangan dan berlari bersama untuk kemajuan pembangunan dan pelayanan prima untuk masyarakat Tanah Laut.

Baca juga: Satpol PP Sidak Perokok Di RSUD Balangan

"Mari kita semua berlari cepat bekerja dengan cepat dan tepat untuk pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, kelak 20 atau 30 tahun kedepan hasil kerja kita ini akan dikenang" tutupnya.

Dalam sidang penilaian Tim BLUD Tanah Laut dilakukan pemaparan inovasi pelayanan  dari keempat Puskesmas yaitu,  UPT Puskesmas Kurau, UPT Puskesmas Bati-Bati, UPT Puskesmas Angsau dan UPT Puskesmas Tajau Pecah.

Selain itu, juga dilakukan penandatangan naskah berita acara oleh Ketua Tim BLUD Puskesmas Tanah Laut  H Syahrian Nurdin disaksikan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Laut, H Sukamta dan Abdi Rahman serta pemotongan tumpeng.
Bupati Tanah Laut H Sukamta, Wakil Bupati Tanah Laut Abdi Rahman dan Sekdakab Tanah Laut H Syahrian Nurdin menyaksikan sidang penilaian empat Puskesmas, Sabtu (13/7).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019