Bupati Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan Hj Noormiliyani AS mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Transmigrasi Tahun 2019, di The Sultan Hotel and Residences Jakarta, Kamis (1/8).


Rakornas bertemakan Revitalisasi Pembangunan ekonomi kawasan Transmigrasi 4.0 itu  dibuka Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.
Saat membuka Rakornas Investasi 2019  diselenggarakan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) tersebut, Wapres Yusuf Kalla mengatakan,  transmigrasi merupakan program yang sudah lama dijalankan pemerintah dalam rangka memajukan Indonesia.
Baca juga: Pemkab gelar pencanangan pekan panutan PBB

Dalam perkembangannya, menurut dia, penyelenggaraan transmigrasi mengalami reposisi dari konsep pemindahan penduduk untuk mendukung pembangunan daerah menjadi pemerataan, kesejahteraan.

Dia berharap, program transmigrasi mampu memberi kesejahteraan bagi masyarakat.

"Transmigrasi pada dasarnya untuk memberi kesejahteraan yang datang dan menambah kesejahteraan yang didatangi, baru bisa ada keseimbangan,"ucap Kalla.

Wapres juga mengingatkan,  pentingnya transfer keterampilan antara transmigran dan penduduk lokal agar terjadi kesetaraan.

"Upaya yang dijalankan dewasa ini adalah,  bagaimana menyejahterakan transmigrannya dan menyejahterakan tempat dimana transmigran. Bagaimana caranya, tentu transmigrasi itu ada transfer keterampilan," kata Kalla.
Baca juga: Ribuan anak PAUD dan TK ikuti Gebyar PAUD 2019

Yusuf Kalla  mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang ikut serta dalam membina masyarakat transmigrasi.

"Saya ucapkan terimakasih kepada saudara-saudara semua yang telah membina masyarakat transmigrasi," pungkas dia.

Sementara,  Mendes PDTT Eko Putro Sanjoyo dalam sambutannya mengatakan,  keberhasilan penyelenggaraan transmigrasi selain dilakukan Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi juga ditentukan peran serta pemerintah daerah dan sinergi swasta beserta sumberdaya masyarakat setempat untuk meningkatkan kesejahteraan dan pengembangan kawasan transmigrasi.

"Kita juga dibantu pemerintah daerah penempatannya melalui sharing dari daerah pengirim dan penerima. Selain itu,  kita juga bekerjasama dengan swasta dan kementrian lain dalam pembangunan kawasan transmigrasi,"ungkap Eko.
Baca juga: Pemkab Batola-BPN kerjasama bidang pertanahan

Rakornas dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayan, Menteri Desa PDT dan Transigrasi, Menteri Pertanian, Menteri PPN/ Badan Perencanaan Nasional (Bappenas), dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) para gubernur, para bupati, perusahaan yang bermitra di Kawasan Transmigrasi serta  akademisi.
Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Transmigrasi Tahun 2019, di The Sultan Hotel and Residences Jakarta, Kamis (1/8).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019