Sebanyak 30 anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara periode 2019-2024 dilantik pada rapat paripurna Istimewa yang digelar di Aula Dr KH Idham Chalid Kota Amuntai, Senin.

"Selamat kepada anggota dewan yang dilantik semoga dapat mengembang amanah rakyat dan bekerja dengan sebaik-baiknya," ujar Bupati HSU H.Abdul Wahid di Amuntai, Senin.

Dari 30 anggota dewan, satu diantaranya mencuri perhatian undangan dan warga masyarakat yang berhadir yakni keberadaan sosok Almien Ansar Safari yang menjadi anggota legislatif termuda.

Almien bahkan terpilih sebagai Ketua sementara DPRD Kabupaten HSU dan sempat melakoni tugas pertama saat memimpin sidang paripurna istimewa yang digelar kali pertama usai pelantikan.

Diusia 26 tahun Almien sudah menjabat Ketua KNPI Kabupaten HSU, ketua persatuan catur (percasi) HSU dan sekarang menjabat Anggota DPRD setempat.
Baca juga: Alokasi pupuk bersubsidi bagi petani HSU lebih sedikit dari daerah lain

Putra dari Bupati HSU ini aktif dalam kegiatan organisasi KNPI HSU dan mencoba menghidupkan organisasi pemuda yang sempat vakum tersebut.

Pencalonan Almien menjadi calon anggota legislatif diusung Partai Golongan Karya dimana partai berlambang pohon beringin ini mendominasi perolehan kursi di DPRD HSU yakni sebanyakPartai12 kursi dari 30 kursi di DPRD HSU.

Sedangkan PKB 5 kursi, PPP 4 kursi, PKS 3 kursi, Nasdem 2 kursi, Gerindra 2 kursi, PDIP 1 kursi dan PBB 1 kursi.

Sebagian besar anggota dewan HSU masoh diisi oleh wajah-wajah lama yang kembali terpilih untuk kedua bahkan ketiga kalinya.
 
Pelantikan anggota DPRD Kabupaten HSU periode 2019 -2014 (Eddy Abdillah)

Adapun 30 anggota DPRD HSU yang dilantik periode 2019 -2024 dari daerah pemilihan (dapil)1 mencakup kecamatan Amuntai Tengah dan Banjang, yakni Almien Ashar Safari (Golkar), Ahmad Syarmada (Golkar), Hj. Ida Hariyati (Nasdem), Sutoyo Sandi (PPP),  Ahmad Hairinnor (PKS), Hj. Norhananiah (Golkar), Ahmad Riyadi (Gerindra), Lisdawati (PKB) dan Hj. Masni (Golkar).

Untuk Dapil II mencakup Kecamatan Sungai Pandan dan Sei Tabukan caleg terpilih yakni H. Pandi (Golkar), Mawardi (PKB), Abdurrahman (PPP), Teddy Suryana (PDIP), H. Norani (Golkar) dan Ratna Sri Dewi (PKB).

Dapil III Kecamatan Babirik, Danau Panggang dan Paminggir, caleg terpilih yakni H. M. Yusuf. HD (Golkar), Syahril (PKB), H. Rustam (PKS), H. M. Arsyad Ariadi (Golkar), Aserani (PPP) dan Hj. Erlyn Febrina (Gerindra).

Terakhir dari Dapil HSU 4  Kecamatan Amuntai Utara, Haur Gading dan Amuntai Selatan caleg terpilih adala Martasiah (Golkar), Fadillah (Golkar), H. Mukarram Fikri (Golkar), Fathurrahim (PPP), Munawari (Nasdem), Ahmad Zamrony (PBB), Ahmad Al Gifari (PKS), Junaidi (PKB), H. Ahmad Musadik (Golkar).

Baca juga: Penerimaan pajak restoran semakin meningkat

Sejumlah pejabat tampak hadir dalam acara tersebut yakni Bupati HSU,Wakil Bupati HSU, Sekda HSU, unsur Forkopimda seperti Kapolres HSU, Dandim 1001 Amuntai-Balangan serta para Pejabat SKPD dilingkungan Pemkab HSU lainnya.
 
. (Eddy Abdillah)

Para wakil rakyat tersebut mengucapkan sumpah yang dipimpin oleh ketua Pengadilan Negeri HSU serta disaksikan langsung oleh berbagai lapisan masyarakat baik yang hadir memenuhi undangan maupun yang menyaksikan nya melalui siaran TV Kominfo HSU dan Live streaming.

Baca juga: Dinas Pertanian HSU siapkan puluhan pompa air

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019