Bupati Banjar Khalilurrahman melepas jamaah calon haji asal Kabupaten Banjar yang merupakan jamaah kelompok terbang terakhir diberangkatkan melalui embarkasi haji Syamsudin Noor Banjarmasin. 

"Kami berharap jamaah calon haji mempersiapkan diri sebaik-baiknya, baik dari sisi kesehatan dan mental selama berada di tanah suci," ujar bupati di Mahligai Sultan Adam Martapura, Sabtu. 

Menurut bupati, ibadah haji bukan saja memerlukan kesiapan fisik yang kuat tetapi mental dan spiritual bagi setiap jamaah sehingga harus benar-benar dimaknai sebagai ritual ibadah yang sempurna. 

Baca juga: Rombongan terakhir calon jemaah haji HST diberangkatkan

Oleh karenanya, jamaah harus mampu meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, sehingga ibadah haji dilaksanakan dengan mudah, ringan dan kembali lagi ke tanah air sehat walafiat.

"Selama mengikuti rangkaian ibadah, selalu berdoa untuk diri sendiri juga keluarga termasuk masyarakat ikut didoakan sehingga bisa berangkat menunaikan rukun Islam kelima," pesan bupati yang juga ulama itu. 

Jamaah calon haji yang dilepas bupati tergabung dalam kelompok terbang 19 atau kloter terakhir yang diberangkatkan melalui embarkasi Syamsudin Noor dan merupakan bagian dari 496 jamaah haji Banjar. 

Ratusan calon haji itu terdiri dari 227 orang jamaah laki-laki dan 269 jamaah perempuan dan terdapat dua orang jamaah calon haji termuda berusia 18 tahun, calon haji lanjut usia berjumlah 14 orang.
Baca juga: Supriadi : Keberangkatan 53 jamaah haji menunggu visa
Baca juga: Wabup lepas jamaah calon haji Tanah Laut

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019