Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tabalong menyampaikan adanya dua titik api yang terpantau satelit menyusul maraknya kebakaran lahan dan hutan di sejumlah kecamatan.

 Anggota BPBD Kabupaten Tabalong Fakhri titik api yang terpantau di Kecamatan Upau dan Pugaan. "Sejak Kamis hingga hari ini kebakaran lahan kita temukan di sejumlah kecamatan," jelas Fakhri.

Baca juga: Wawali imbau masyarakat waspada Karhutla

Masing - masing kebakaran lahan gambut di Desa Binturu, lahan kering Desa Karangan Putih dan hari ini di Desa Sei Pimping.

Terpisah Kepala Perlindungan Hutan KPH Kabupaten Tabalong Zainal Abidin mengatakan titik api di Kecamatan Upau berada dalam wilayah kerja PT Adaro Indonesia.

Baca juga: Cegah karhutla melalui Operasi Bina Karuna Intan

 "Titik api di lokasi Adaro terkait deposit batu bara dan sudah kita laporkan ke pihak perusahaan untuk penangannya," jelas Zainal.

Menindaklanjuti maraknya kasus pembakaran lahan aparat kepolisian melalui para bhabinkamtibmasnya terus menerus melakukan upaya sosialisasi dan pencegahan karhutla.

Baca juga: Polisi akan tindak tegas pelaku pembakaran lahan

Kapolres Tabalong AKBP Hardiono mengatakan meski langkah penegakan hukum belum dilakukan namun para pemilik lahan yang terbakar tetap dilakukan tindak preventif.

"Tindakan preventif bisa berupa teguran dan kesanggupan secara tertulis untuk menjaga lahannya agar tidak terulang lahannya terbakar," jelas Hardiono.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019