Oleh Rusmanadi

Tanjung,  (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 367 kotak soal ujian nasional untuk tingkat sekolah menengah pertama dan sederajat tiba di kantor polisi resort Tabalong, Kalimantan Selatan, Minggu sekitar pukul 11.30 Wita.

Setelah dicek kelengkapannya, menurut Kepala Dinas Pendidikan Tabalong, Erwan, Minggu di Tanjung, naskah soal langsung didistribusikan ke polsek-polsek termasuk di wilayah terpencil yang berada di Kecamatan Muara Uya, Bintang Ara dan Haruai.

"Untuk wilayah terpencil, distribusi soal langsung dari kantor Polres dengan pengawalan masing-masing polsek dan tercatat ada sekitar 367 kota soal UN tingkat SMP dan sederajat yang sudah sampai ke Tabalong," jelas Erwan.

Sekolah penyelenggara ujian nasional yang berada di daerah terpencil masing-masing SMP Negeri 5 Muara Uya di Desa Salikung, SMP Negeri 4 Haruai di Desa Misim, SMP Negeri Muara Uya di Desa Panaan dan SMP Negeri 5 Bintang Ara di Desa Meho.

Jumlah peserta UN di sekolah terpencil tambah Kabid Diklamen, Dinas Pendidikan Tabalong, Sujadi, keseluruhan hanya 41 siswa.

Dengan rincian SMP 5 Muara Uya sebanyak 9 siswa, SMP Negeri 4 Haruai 15 siswa, SMP Negeri 4 Muara Uya 9 siswa dan SMP Negeri 5 Bintang Ara 8 siswa.

"Peserta UN untuk SMP sebanyak 2.135 siswa, MTs 1.273 siswa, paket B 785 siswa sedangkan di daerah terpencil jumlahnya hanya 41 siswa tersebar di empat lokasi," jelas Sujadi.

Sementara itu soal UN untuk tingkat SMA dan sederajat yang belum lengkap juga tiba bersamaan dengan naskah soal SMP.

Tercatat sebanyak 22 koli soal untuk UN SMA dan sederajat dikirim ke kantor Polres Tabalong.

"Soal UN untuk tingkat SMA memang kurang sekitar 12 kotak namun yang tiba kelebihan karena sudah ada beberapa soal yang sudah kita gandakan," jelas Sujadi.

Sebelum mendistribusikan soal ke Tabalong, tim juga telah mengirim sebanyak 163 soal UN tingkat SMP dan sederajatnya ke Kabupaten Balangan./C



Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013