Usaha untuk membantu warga masyarakat di Bumi Sanggam terus diupayakan oleh organisasi sosial, Sahabat Balangan Centre (SBC) baik dalam hal beasiswa, bantuan kesehatan, bedah dan bangun rumah, sembako, Relawan Donor (Redo) dan lain sebagainya.

Kini upaya terbaru yang sudah mulai dijalankan sejak Agustus 2019, yakni usaha peningkatan ekonomi rumah tangga melalui program Balangan Solutions Mart (B-SMart) karya Sahabat Balangan Centre (SBC), yakni produk pentol tampulu.

Ketua Sahabat Balangan Centre (SBC) Dewi Purwanti, kegiatan di Balangan Solutions Mart (B-Smart) ini lebih kepada upaya agar mereka menemukan cara untuk membantu ekonomi rumah tangga, tanpa harus memiliki kualifikasi pendidikan bahkan tanpa skill.

Baca juga: Bank Kalsel bangun dua rumah dhuafa melalui SBC

Bahkan bagi karya UKM anggota Sahabat Balangan Centre (SBC), juga bisa dititipkan disana agar memudahkan pemasaran dan penjualan dengan titik sebaran yang sudah ada.

"Mereka kami pinjami gerobak, kompor, panci dan kami titipkan usaha Pentolan Bakso (Pentol) dengan berbagai varian. Yang kami beri nama Pentol Tampulu (Pentol Bakso Aji Mumpung ; Red)," ungkapnya.

Dari hasil tersebut, mereka para penjual yang telah dititipi mendapatkan hasil dari bagi keuntungan, ada yang dapat hasil dari Rp750 ribu, bahkan lebih, sesuai penjualan.

"Sementara kita sudah memiliki sebaran sekitar 38 gerobak Pentol Tampulu di delapan kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Balangan hingga Kabupaten Hulu Sungai Tengah," tuturnya.

Baca juga: Ketua DPRD Balangan sumbang satu unit rumah melalui SBC

Hal ini lanjut Dewi, tentu sebagai upaya untuk membuka lowongan kerja serta membantu para keluarga untuk menambah penghasilan ekonomi rumah tangganya.

"Hasil dari keuntungan tersebut kita salurkan pula dalam kas Sahabat Balangan Centre (SBC) untuk membantu warga kita yang patut untuk dibantu. Jadi bukan hanya penjual, bahkan pembelipun telah membantu berdonasi untuk warga yang patut dibantu," jelasnya.

Donasi pembangunan rumah, bedah rumah, bantuan beasiswa pelajar dan mahasiswa, bantuan orang sakit, bantuan modal dan pembinaan usaha, Sembako, Parsel Lebaran, relawan donor (Redo) darah, dan hal lainnya yang diperlukan, merupakan donasi dari para relawan melalui Sahabat Balangan Centre (SBC).

"Diantaranya, bermula dari hasil pemanfaatan group dan halaman FB dan IG Habar Balangan (meliputi: FB Habar Balangan, FB Sahabat Balangan Centre, FB Balangan Solution Mart (B-Smart), IG Habar Balangan), kemudian UKM SBC Pentol Tampulu, Iuran anggota Rp10 ribu/bulan, dan sumbangan langsung," paparnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019