Bupati Kotabaru meminta para jamaah calon haji untuk melaksanakan ibadah haji dengan tertib dan khusyuk selama di tanah suci.

Hal itu disampaikan saat pelepasan jamaah calon haji menuju Asrama Haji Banjarbaru di ruang induk Masjid Husnul Khatimah Kotabaru, Sabtu.

"Taatilah aturan dan bimbingan para petugas, serta jangan lupa jaga kesehatan dan ketahanan fisik mengingat cuaca di sana sangat berbeda," kata Bupati.


Baca juga: Inilah tiga terminal bus di sekitar Masjidil Haram yang wajib dikenali jemaah haji

Selama melaksanakan rukun Islam kelima itu, dirinya juga berpesan agar para jamaah menjaga nama baik daerah, saling tolong-menolong dengan sesama jamaah, serta berdoa untuk kemajuan daerah.

"Kepada para petugas yang ditunjuk, baik itu TPHD maupun para ketua rombongan dan ketua regu agar dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik dan memberikan pelayanan kepada jamaah dengan penuh tanggung jawab dan kesabaran," harapnya.

Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru H Suni mengatakan jamaah calon haji yang diberangkatkan tahun ini berjumlah 219 orang. "Usia termuda 23 tahun dan tertua 94 tahun," ujarnya.

Baca juga: Begini ketentuan membayar dam saat berhaji

Sebanyak 197 orang diantaranya tergabung di kloter BDJ 09 dan dijadwalkan bertolak ke Madinah pada 22 Juli 2019. Sedangkan sisanya merupakan jamaah calon haji tambahan tergabung di kloter BDJ 19 akan berangkat paling akhir langsung menuju Makkah.

"Semoga keberangkatan berjalan lancar, tertib, aman dan terkoordinir selamat pada tujuan dan pulang selamat kembali ke Kotabaru," tutupnya.

Baca juga: Kemenag : Masyarakat jangan mudah percaya haji plus langsung berangkat

Pewarta: M. Shohib

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019