Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) H Muhammad Noor menyambut dan menerima 15 orang mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Antasari Banjarmasin, yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata ( KKN) di Kabupaten HSS.

Ia mengatakan, mengatakan kedatangan mahasiswa untuk melaksanakan KKN ini merupakan suatu kehormatan bagi HSS dan punya manfaat luar biasa bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

"Penempatan KKN ini sudah tepat di daerah Loksado, karena Loksado juga merupakan ikon dari Kabupaten HSS, sehingga para mahasiswa KKN bisa berinteraksi dengan kearifan lokal di Loksado dan sekarang ini sudah banyak kemajuan di Loksado, tidak ada persoalan lagi dari sisi jalan maupun komunikasi," katanya, bertempat di Aula Ramu Setda HSS, Kamis (18/7).

Penyambutan mahasiswa KKN di HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Pemkab HSS lepas mahasiswa KKN ULM Banjarmasin

Dijelaskan dia, agar camat, kepala desa, maupun pihak terkait lainnya, segera koordinasikan dan cepat tanggap jika ada mahasiswa peserta KKN yang mengalami sakit, serta diharapkan selain KKN ini nantinya ada kerjasama lainnya yang bisa dilakukan antara Pemkab HSS dengan universitas.

Pihaknya mengucapkan selamat datang kepada rombongan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Antasari Banjarmasin, dan selamat melaksanakan kegiatan KKN  di Kabupaten HSS, kabupaten yang cerdas, inovatif, teknologis, dan agamais.

Atas nama Pemkab HSS pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pihak UIN Sunan Kalijaga dan UIN Antasari Banjarmasin, yang memberikan kepercayaan untuk melaksanakan KKN mahasiswanya di HSS, diharapkan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta memberikan hasil sebagaimana yang diharapkan.

"Untuk para mahasiswa kami berpesan agar dapat menyesuaikan diri dengan adat istiadat masyarakat kami. karena masyarakat kami adalah masyarakat tradisional dan religius yang masih menganut sistem kebersamaan, kekeluargaan dan gotong royong," katanya, saat menyampaikan sambutan Bupati HSS H Achmad Fikry.

Penyambutan mahasiswa KKN di HSS (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Ketua DPRD HSS harapkan mahasiswa KKN bantu pemerintahan desa

Menurut dia, masyarakat HSS kebanyakannya adalah para petani dan pekebun. sehingga mungkin ada komunitas masyarakat yang tidak terbiasa dengan perilaku masyarakat perkotaan, sehingga perlu diperhatikan beberapa hal penting dalam bersosialisasi.

Beberapa hal yang penting diingat diantaranya, agar dapat menghormati waktu-waktu ibadah dan tidak membuat ribut atau gaduh, bahkan dianjurkan agar jika ada kegiatan kemasyarakatan, para mahasiswa agar dapat membaur bersama masyarakat, dan akan lebih baik jika para mahasiswa dapat bertanya langsung kepada kepala desa, aparat desa  dan tokoh masyarakat tentang adat istiadat masyarakat desa setempat agar dapat dipahami.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019