Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten(Pemkab)  Hulu Sungai Selatan (HSS) melepas mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, bertempat di Pendopo Kabupaten HSS.

Dekan Fakultas Pertanian ULM Luthfi, di Kandangan, Jum'at (10/8), mengatakan para mahasiswa telah menjalankan KKN mulai tanggal 11 Juli sampai dengan 10 Agustus, pelaksanaan KKN dilakukan di desa-desa yang memiliki potensi di bidang pertanian dan peternakan.

"Para mahasiswa telah menjalankan KKN di lapangan selama sebulan dan mereka telah menjalankan tugasnya serta bekerjasama dengan masyarakat di lokasi-lokasi yang telah ditentukan," kataya.

Ia mengucapkan, permohonan maaf jika selama pelaksanaan KKN, pihak dia ada  melakukan kesalahan, baik dari mahasiswa, pengelola KKN maupun dosen pembimbing.

Tak lupa pula, terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten HSS, yang telah memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman langsung di lapangan.
 

Pelepasan mahasiswa yang telah melaksanakan KKN di Kabupaten HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Dahnial harapkan mahasiswa KKN angkat keunikan dan keunggulan HSS

Para mahasiswa telah mendapatkan pengalaman langsung di masyarakat, berhadapan dengan "the real problem", sekaligus mengabdikan ilmunya dan mendapatkan feedback dari ilmu yang telah diaplikasikan.

Meskipun pelaksanaan KKN hanya sebulan, namun banyak pengalaman dan hal-hal berharga yang telah didapatkan para mahasiswa, disamping para mahasiswa juga telah menguasai teknologi untuk pengolahan produk-produk pertanian.

"Ada berbagai olahan yang telah diproduksi mahasiswa bekerjasama dengan masyarakat desa selama melaksanakan KKN diantaranya, olahan gula aren, permen jahe dan kacang, telur itik aneka rasa, manisan tomat, kolang kaling dan lombok, olahan labu, singkong, dan lain-lain sekaligus mengolah limbahnya," katanya.

Menurut dia,  dalam pelaksanaan KKN, ada pertukaran informasi dan ilmu dengan masyarakat desa, hal ini perlu dilanjutkan untuk memperkaya pengetahuan mahasiswa.

Dari nteraksi yang telah terjalin dan bisa diteruskan di masa yang akan datang serta jika ada hal-hal atau persoalan bidang pertanian di HSS, jajaran Pemkab HSS bisa menghubungi pihak ULM karena pihak dia menangani pertanian secara luas, termasuk peternakan dan pengolahan hasil pertanian.

Sekretaris Daerah Kabupaten HSS H M Ideham, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mahasiswa KKN Fakultas Pertanian ULM yang telah berperan aktif dan mendukung pemberdayaan masyarakat di HSS.

"Atas nama Pemkab HSS kami menghaturkan permohonan maaf jika terdapat tutur kata, sikap dan tindakan masyarakat yang kurang berkenan, baik dari penyambutan, pelaksanaan, hingga berakhirnya kegiatan KKN," katanya.

Menurut dia, hasil KKN yang telah dilaksanakan, terkait hal-hal yang bisa dikembangkan di desa, nantinya akan didukung melalui dana APBD Kabupaten HSS.  dan sudah melihat banyak  yang bisa berguna dan bermanfaat untuk kemajuan di wilayah HSS.
 

Pelepasan mahasiswa yang telah melaksanakan KKN di Kabupaten HSS (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)



Baca juga: 393 mahasiswa ULM laksanakan KKN di HSS

Diharapkan dia, kerjasama antara Pemerintah Kabupaten HSS dengan ULM dapat terus dijaga dan dipelihara, serta dikembangkan di masa yang akan datang dan bila para mahasiswa memerlukan studi lebih lanjut di daerah, pihak dia siap menerima kembali.

Turut berhadir, Asisten Administrasi Pemerintahan Tafrinsyah, wakil Dekan, Ketua KKN Ir Abdussamad MS, para dosen pembimbing, perwakilan SKPD, para kepala desa serta mahasiswa KKN Fakultas Pertanian ULM.

Dalam acara itu, diserahkan pula plakat dari dekan Fakultas Pertanian ULM dan laporan hasil pelaksanaan KKN mahasiswa ULM Banjarmasin dari Ketua KKN kepada Sekretaris Daerah Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018