Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan menyediakan enam bus dan konsumsi makan malam untuk jemaah haji Hulu Sungai Utara, setibanya  di asrama haji Banjarbaru.

Kepala Kementerian (Kemenag) Agama Kabupaten Hulu Sungai Utara, Nasrullah di Banjarbaru, Rabu mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah khususnya Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) yang penyediaan hidangan makan malam kepada seluruh jemaah calon haji (JCH) HSU tahun ini.

"Setiap tahun Pemda selalu membantu transportasi angkutan bus melalui dinas perhubungan dan menyediakan konsumsi bagi jemaah saat di asrama haji," ujar Nasrullah
Baca juga: Kapolda Kalsel lepas 28 personel naik haji

Dia mengatakan penanganan haji tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena koordinasi  penanganan kegiatan dari keberangkatan sejak di kabupaten sudah dilaksanakan oleh masing-maaing ketua regu dan rombongan yang bertanggung jawab jemaah calon haji. 
 
JCH menunggu pemeriksaan kesehatan dan barang bawaan. (Eddy Abdillah)

Pada Rabu (17/7) JCH mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan serta pemeriksaan barang bawaan, di ruang Madinah asrama haji. Setelah itu seluruh JCH mendapatkan pengarahan dari PPIH Provinsi Kalsel. 

Baca juga: Kemenag : Masyarakat jangan mudah percaya haji plus langsung berangkat

Selama menjalani karantina di asrama haji  makanan dan kesehatan JCH di jaga ketat, makanan dan minuman yang dikonsumsi jemaah harus benar-benar steril.

Kepala bidang penerimaan dan pendaftaran haji PPIH Kalsel H.Musli mengingatkan JCH agar tidak membawa barang lebih dari 32 kg dan membawa uang hanya 1500 ribu riyal atau hanya sekitar Rp6 juta.

"Bagi yang perokok diperbolehkan membawa hanya 200 batang rokok aja dengan nilai 10 ribu riyal," katanya.

Petugas PPIH menjelaskan dalam penentuan kamar di asrama haji terbagi dua, ada  di tempat lama ada juga di tempat baru, namun tidak mengurangi kenyamanan karna semua ruangan sama-sama dilengkapi fasilitas Air Conditioner (AC).

Pihaknya juga meminta jamaah menjaga kesehatan mengingat suhu di Kota Mekkah dam sekitarnya mencapai 43 derajat celsius.
 
Wakil bupati HSU H.Husairi Abdi kunjungi JCH di asrama haji. (Eddy Abdillah)

Pada kesempatan pemeriksaan kesehatan ini, Wakil Bupati H.Husairi Abdi tiba di asrama haji untuk turut memantau kesiapan pemberangkatan jamaah.

Kegiatan berikutnya dilaksanakan pemantapan petugas kloter TPHD karu dan karom serta peragaan manasik haji yang diikuti selurub jemaah calon haji oleh TPHI dan TPIHI.

Baca juga: Menabung Rp30 ribu per hari akhirnya nenek Idil naik haji

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019