Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP-PGRI) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, diharapkan dapat mewujudkan perguruan tinggi pencetak tenaga guru itu bertransformasi ke universitas.

Ketua Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi (PPLP PT) PGRI Banjarmasin, Drs H Dahri MM kepada wartawan di sela-sela pelantikan dan serahterima jabatan STKIP PGRI perioden 2019-2023 di Banjarmasin, Kamis mengatakan, pihaknya kini sedang ancang-ancang persiapan STKIP PGRI menuju universitas.

Untuk itu, percepatan proses ke arah tersebut ditargetkan bisa dilakukan STKIP-PGRI Banjarmasin di bawah kepemimpinan baru, Dr Hj Dina Huriaty untuk empat tahun ke depan.

Baca juga: Kemenristekdikti meningkatkan mutu pendidikan tinggi di era digital

"Persyaratan menjadi universitas memang cukup berat. Itulah tantangan bagi kami dan saya percaya ibu Dina bisa melakukannya," terang Dahri.

Sebagai badan penyelenggara, ungkap Dahri, pihaknya siap membantu apa yang dibutuhkan seperti pemenuhan sarana dan prasarana hingga penyediaan tenaga dosen sesuai yang disyaratkan menjadi sebuah universitas.

Pengukuhan Dina Huriaty dipimpin Ketua Badan Pembina Lembaga Pendidian Persatuan Guru Republik Indonesia (BPLP-PGRI) Prof Dr Supardi.

Turut hadir menyaksikan pengukuhan Ketua STKIP-PGRI Banjarmasin yang baru Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan Prof Dr Udiansyah dan sejumlah stakeholder seperti Ketua PGRI Kalsel M Hatta, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel Yusuf Effendi dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin M Syarwani.
Dr Hj Dina Huriaty dan Dr H Abidinsyah saat serah terima jabatan Ketua STKIP PGRI Banjarmasin. (antara/foto/firman)

Sementara Dina yang sebelumnya menjabat Ketua Prodi Pendidikan Matematika itu berharap programnya kedepan untuk memajukan institusi dapat didukung oleh seluruh civitas akademika.

Baca juga: Pertukaran mahasiswa mengawali kerja sama ULM dan 12 perguruan tinggi di Taiwan
Melalui jargonnya Smile (Spritual, goodManagement, Integrated system, Local wisdom dan Educated), lulusan S3 bidang keahlian Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta ini berkomitmen membawa STKIP-PGRI Banjarmasin menjadi kampus unggul yang menghasilkan tenaga pendidikan profesional dan berkarakter smart.

"Kampus ini sudah berada di trek yang bagus 6 dari 7 program studi akreditasi B dan Prodi PGSD. Jadi, target kita dalam waktu dekat untuk bisa meraih yang sama dari reakreditasi nanti. Pembukaan program studi baru juga kita dorong sebagai bagian dari upaya menuju universitas," katanya.

Sementara itu, Dr H Abidinsyah yang sebelumnya telah menjadi Ketua STKIP-PGRI Banjarmasin selama 10 tahun 2 bulan, menyampaikan terima kasih atas semua dukungan seluruh civitas akademika hingga perguruan tinggi swasta yang lama dipimpinnya itu bisa berada di posisi sekarang.

Baca juga: Universitas BSI kerja sama dengan perguruan tinggi China

"Kuncinya adalah kekeluargaan dan kebersamaan, karena segala sesuatu akan terasa mudah kalau semuanya berkayuh baimbai. Saya yakin kedepan Insya Allah semakin lebih baik lagi STKIP PGRI karena itu harapan kita semua," tandasnya.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019