Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia/Apkasi Otonomi Expo 2019 (AOE19) digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 3  sampai 5 Juli 2019 berhasil mengukir prestasi bagi Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan. 


Peserta Putri Otonomi Daerah dari Batola Helda, berhasil meraih Runner Up II di AOE19.  Wakil 1 Diang Batola tahun 2017 ini mampu meraih prestasi teratas dari 41 kabupaten yang mengikuti Putri Otonomi Daerah 2019. 

Raihan Galuh Kalimantan Selatan tahun 2017 hanya terpaut sedikit dari peserta Kabupaten Sidoarjo yang menempati juara I dan peserta dari Kutai Barat yang menempati Runner Up I.

Apkasi menggelar Otonomi Expo di JCC dibuka Menkopolhukam Wiranto tersebut menampilkan pameran expo, executive dialogue dan business matching forum, workshop yang mengangkat isu city branding, fiel trip, pertunjukan seni budaya daerah, zona kuliner nusantara, film festival dan pemilihan Putri Otonomi Daerah.

Pembukaan AOE19 dihadiri Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS, bahkan bupati perempuan pertama di Kalsel itu sempat menyambangi gelar expo yang ditampilkan daerahnya serta melakukan foto bersama.

“Alhamdulillah berkat usaha dan doa masyarakat Batola akhirnya mampu menghantarkan peserta kita Helda meraih juara III,” tulis Kabag Humpro Setda Batola Hery Sasmita, di laman WA Group Humpro Batola. 

Tujuan digelarnya AOE19 untuk mendorong promosi potensi daerah serta menyukseskan program pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan dan daya saing ekonomi daerah. Kegiatan yang mengambil tema 

Kemitraan Bisnis untuk Peningkatan Ekonomi Lokal Berkelanjutan tersebut  dimanfaatkan para bupati yang tergabung dalam Apkasi untuk memperkenalkan dan memasarkan potensi daerah masing-masing. 

AOE19 di JCC Senayan Jakarta ini setidaknya diikuti 154 perwakilan dari 337 stand yang tersedia. Di tengah era persaingan ini Apkasi terus mendorong 416 pemkab untuk terus meningkatkan kemampuan agar bisa bersaing di pasar lokal, regional, dan internasional. 

Kegiatan tersebut dihadiri tidak kurang dari 10.000 pengunjung potensial yang berasal dari pelaku usaha maupun investor dalam dan luar negeri serta para pebisnis untuk mendapatkan akses perdagangan dan investasi. 
 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019