Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, meraih juara III terbaik tingkat Naional dalam mempromosikan produk lokal di acara Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo 2019.

"Produk yang menjadi unggulan Tanah Bumbu pada pameran tersebut yakni olahan makanan seperti sirup dan kerupuk kayu manis, pentol ikan, krupuk amplang yang terbuat dari ikan laut dan beras organik," kata Wakil Bupati Tanah Bumbu, H Ready Kambo, di Batulicin.

Dia mengatakan, selain produk makanan yang dipamerkan, ada satu produk yang menjadi perhatian para juri dalam memberikan penilaian yakni kain tenun khas pagatan.

Dari beberapa produk yang dipamarkan oleh pemerintah daerah pada APKASI Otonomi Expo 2019 tersebut mampu mengaet juara tiga dengan mengalahkan seluruh kabupaten di Indonesia.

Menurut Wakil Bupati, melalui pameran ini Tanah Bumbua akan dikenal ke tingkat Nasional baik itu produkolahan makanan dan kainnya hingga wisatanya.

Dengan memamerkan produk olahan khas Kabupaten Tanah Bumbu, makapemerintah daerah akan terus mengembangkan pembinaaan melalui UMKM dan saat ini sudah berjalan.

Dalam pembinaan tersebut masyarakat yang terlibat mampu memproduksi hingga memasarkan barang olahan hingga ke luar daerah Tanah Bumbu.

"Target kami dalam pelaksanaan Apkasi Otonomi Expo 2019 yakni mempu mendongkrak UMKM di daerah dengan menawarkan beberapa hasil olahan melalui expo sehingga penghasilan dan kesejahteraan masyarakat setempat semakin meningkat," tuturnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019