Dr Chairil Faif Pasani resmi menjabat sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) setelah pada Kamis (27/6), dilantik oleh Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi.

Pria yang sebelumnya menduduki posisi Wakil Dekan II FKIP ULM itu akan memimpin fakultas pencetak tenaga guru untuk 4 tahun kedepan periode 2019-2023.

"Jabatan Dekan FKIP tidaklah gampang. Di sini memiliki mahasiswa paling banyak dengan segala dinamika dan tantangannya," ucap Sutarto.

Sutarto berharap dekan baru bisa meneruskan kinerja yang sudah baik dari pejabat lama yaitu Prof Dr H Wahyu MS. Dimana salah satu bukti keberhasilan Wahyu memajukan fakultas pencetak tenaga pendidik dan kependidikan itu, yakni diraihkan Akreditasi A pada 10 Program Studi (Prodi) Sarjana (S1).

Selain peningkatan prodi yang mendapatkan Akreditasi A, Sutarto juga ingin ada progress signifikan untuk penambahan guru besar.

"Saat ini FKIP memiliki 100 dosen bergelar Doktor. Sementara guru besarnya hanya 10 orang. Ini jadi tugas Dekan mendorong dosen-dosen yang sudah bergelar Doktor agar segera berjuang menuju raihan profesor," tandas Sutarto.


Seperti diketahui, Rektor telah menggulirkan program satu program studi (prodi) satu guru besar atau profesor. Program ini langkah besar ULM menjadi universitas terkemuka dan berdaya saing. 

Menurut Sutarto, jika satu prodi minimal memiliki satu guru besar saja, setidaknya ada 100 profesor di ULM. Apalagi target itu dirasa tidak sulit diraih lantaran faktanya banyak dosen ULM yang tinggal satu langkah lagi menuju jenjang karir tertinggi di akademik tersebut.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019