Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyambuat baik akan rencana dilaksanakannya sosialisasi bertema menjaga kerukunan umat beragama yang akan digelar pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ia mengatakan, walaupun kerukunan umat beragama di Kabupaten HSS selama ini telah terjaga dengan baik, namun hal ini sangat bermanfaat dalam rangka memupuk rasa persaudaraan antar umat beragama.

"Alhamdulillah, gesekan antar ummat beragama di HSS selama ini hampir tidak ada, HSS mayoritas adalah muslim namun warga yang non muslim dapat diterima dan membaur di masyarakat dengan baik. Bahkan mereka rata-rata mampu membangun usaha di daerah ini dengan sangat aman dan sukses, tanpa adanya gangguan, " katanya, saat menerima kunjungan pengurus FKUB, di ruang kerjanya, Selasa (25/6).

Baca juga: Tokoh masyarakat HSS tolak aksi kerusuhan hadapi sidang sengketa Pilpres

Dijelaskan dia, salah satu yang dicontohkannya adalah adanya fasilitas kesehatan yang dimiliki oleh dr. Putu Abdi yang notabene adalah orang Bali dan non muslim, sekarang ini sangat sukses mengembangkan kliniknya menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Permata Bunda.

Keberadaan RSIA saat ini menjadi salah satu pelengkap dan menjadi sarana dan fasilitas kesehatan alternatif yang diminati masyarakat, dan pemerintah daerah sendiri menjamin keleluasaan itu.
 
Pernyataan bupati ini sambut bangga I Ketut Artika, salah satu anggota FKUB yang juga asli orang Bali dan ikut dalam kunjungan ini dan menanggapi rencana sosialisasi ini sendiri, Bupati HSS menyampaikan akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait.

Baca juga: Video - Genap setahun RSIA Permata Bunda HUT dengan bakti sosial

Ketua Bidang dalam Kepengurusan FKUB Kalsel Bahran Noor Haira, mengatakan bahwa kunjungan dirinya bersama tim dengan bupati untuk memberitahukan rencana sosialisasi dan penyerapan aspirasi di masyarakat sehubungan dengan kerukunan umat beragama.

"Kegiatan dijadwalkan tanggal 04 Juli 2019 yang akan datang namun waktu dan tempat sendiri tetap sepenuhnya diserahkan kepada kesiapan masing-masing pemerintah kabupaten dan kota, selain HSS, tim yang dipimpinnya sendiri juga mengadakan kunjungan yang sama ke Kabupaten Tapin dan HSU," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019