Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) mengadakan  pelatihan peningkatan kompetensi bagi Perangkat Desa se-Kabupaten HST dan di buka secara resmi oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, H M Yuserani di Gedung Juang Barabai, Senin (24/6).

Mewakili Bupati, Yuserani menyampaikan, bahwa aparat Pemerintah Desa memiliki peran yang penting dalam mengelola sumber daya desa, karenanya peningkatan sumber daya manusia aparatur pemerintah desa merupakan suatu keharusan.

Tujuannya agar seluruh aparatur dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Dikatakan Yuserani, kelemahan mendasar yang dihadapai oleh Pemerintah Desa saat ini adalah terbatasnya kapasitas sumberdaya yang mampu mengelola manajemen pemerintahan desa dalam mendukung peningkatan dan pemberdayaan masyarakat desa.

"Kelemahan ini tentunya menjadi perhatian pemerintah daerah untuk meningkatkan kapasitas aparat secara bertahap, melalui fasilitasi program pemberdayaan sehingga  aparatur pemerintah desa lebih profesional dalam menjalankan  fungsi dan tugas-tugas pelayanannya," katanya.

Ia mengharapkan, meningkatnya kualitas Kapasitas Pemerintahan Desa akan memberikan peluang yang besar bagi terlaksananya program dan kegiatan pembangunan desa secara efektif dan efesien," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PMD, H Fahmi dalam laporannya mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk terwujudnya pelaksanaan tertib administrasi desa yang mampu berfungsi sebagai sumber data dan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Selain itu juga untuk pembinaan dan meningkatkan kapasitas SDM Aparat desa dalam melaksanakan tupoksinya sesuai peraturan yang berlaku.

Lanjutnya, pelatihan ini dilaksanakan selama 4 hari yang dibagi menjadi empat angkatan dengan sasaran pelatihan yakni, Sekdes dilatih tertib administrasi dan pengarsipan dokumen, Kaur Umum dan Perencanaan dilatih transparansi pertanggung jawaban melalui penyampaian LPPD.

Sedangkan,Kasi Pemerintahan dilatih evaluasi oerkembangan desa terakhir Kasi Kesejahteraan dan pelayanan dilatih evaluasi profil desa.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019