Komandan Koramil (Danramil) 1007-03/Banjarmasin Barat Mayor Czi Tandra Wideru mengatakan jika para Bintara Pembina Desa (Babinsa) terus berupaya menjaga kedekatan dengan masyarakat.

"Anggota Babinsa saya instruksikan secara door to door setiap hari menemui warga di wilayah binaannya untuk mengetahui apa yang kiranya bisa dibantu dan dilakukan Babinsa," kata Tandra di Banjarmasin, Rabu.

Dia pun meminta masyarakat untuk tidak ragu menyampaikan segala permasalahan saat bertemu Babinsa, karena memberikan solusi dan menjadi inovator sudah menjadi tugas pengabdian seorang Babinsa yang jadi ujung tombak pembinaan teritorial.

"Masyarakat juga kami harapkan menyimpan nomor handphone Babinsa agar sewaktu-waktu dibutuhkan bisa dihubungi segera. Prinsipnya, deteksi dini penting untuk Babinsa jadi dia harus jadi orang pertama yang tahu jika munculnya permasalahan di tengah warga," jelas Tandra.

Kemudian sinergitas dan kekompakan Babinsa bersama Bhabinkamtibmas Polsek juga diingatkan untuk selalu terjalin harmonis demi kamtibmas yang kondusif di wilayah binaannya.

Karena menurut Tandra, masyarakat yang melihat kebersamaan anggota TNI dan Polri setiap harinya, akan turut merasakan energi positif dari kekompakan aparat tersebut.

Babinsa yang bertugas sebagai Apkowil (Aparat Komando Kewilayahan) di satuan Komando Kewilayahan di bawah naungan Komando Rayon Militer (Koramil) memiliki tugas pembinaan teritorial di wilayahnya guna terjaganya  suasana yang aman, sejuk dan damai.

Seorang Babinsa juga dituntut menciptakan masyarakat yang pancasilais dan berwawasan kebangsaan serta cinta tanah air sekaligus sebagai pelopor pembangunan di wilayahnya.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019