Tim penilai lomba Asuhan Mandiri  Tanaman Obat Keluarga (Asman Toga) dan Akupresur tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2019 melakukan verifikasi lapangan di Desa Amawang Kiri Muka, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Pimpinan tim verifikasi H Heru, di Amawang Kiri Muka, Senin (17/6), mengatakan kedatangan tim verifikasi dalam rangka untuk memenuhi tugas Pemerintah Provinsi Kalsel untuk melakukan penilaian Asman Toga dan Akupresur tingkat Provinsi Kalsel.

"Penilaian ada beberapa kategori mulai dari keluarga binaan, kader, desa, PKK desa, kecamatan dan PKK kecamatan, puskesmas, dinas kesehatan dan kantor bupati," katanya.

Baca juga: Hadapi lomba Asman Toga Pemkab HSS rapat persiapan

Dijelaskan dia, Asman Toga dan Akupresur ini dikembangkan dari masyarakat sendiri, karena sudah lama dan sudah cukup dikenal dimasyakarat dan pihaknya hadir untuk memberikan motivasi.

Penilaian ini hanya untuk membangkitkan semangat di masyarakat maupun pihak terkait agar bisa lebih memanfaatkan Toga dan Akupresur, sebab inti dari penilaian ini adalah benar-benar untuk mengetahui pemanfaatan Toga dan Akupresur.

Dari hasil penilaian nantinya akan diketahui apakah Toga dan Akupresur sudah dimanfaatkan atau tidak, disamping kesehatan tradisional ini perlu disosialisasikan dan dikembangkan di masyarakat karena sangat penting.

Verifikasi penilaian dilakukan di Desa Amawang Kiri Muka Kecamatan Kandangan, yang merupakan wakil HSS dalam ajang lomba Asman Toga Tingkat Provinsi Kalsel. 

Baca juga: PKK HSS dukung komitmen jadikan HSS bebas kantong plastik

Sebelumnya, rombongan Tim Verifikasi Lomba Asman yang terdiri dari lima orang disambut oleh Kepala Dinas Kesehatan Hj.Siti Zainab dan Tim Verifikasi langsung diarahkan menuju kebun Toga yang dikelola oleh Dinas Kesehatan Kabupaten HSS.

Kemudian, menuju Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten HSS untuk selanjutnya melakukan verifikasi tanaman Toga dan disambut langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten HSS H.Muhammad Noor  didampingi Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Saiful Bahri.

Selanjutnya, tim ke Puskesmas Jambu Hilir, yang kemudian dilanjutkan ke Desa Amawang Kiri Muka Kecamatan Kandangan dan disambut Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj.Isnaniah Achmad Fikry dan para pengurus TP PKK Kabupaten HSS dan sekretaris Camat Kandangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019