Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Pesta adat Mallasuangmanu di Desa Teluk Aru, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan Semakin Kotabaru  berlangsung meriah.

 Pesta yang  dibuka Bupati Kabupaten Kotabaru, H. Irhami Ridjani itu merupakan pesta ritual warga Kotabaru yang berasal dari suku Mandar yang berdomisili di Kecamatan Laut Selatan.

 Mallassuang Manu merupakan ritual adat yang melepas beberapa pasang ayam jantan dan betina sebagai bentuk permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar mendapatkan jodoh. 

Tradisi ini sudah berlangsung turun temurun yang puncak acara dilaksanakan di sebuah pulau kecil yang berdasar legenda masyarakat setempat berbentuk hati dan oleh masyarakat setempat dikenal dengan Pulau Cinta.

Pulau ini berjarak sekitar dua mil dari Pulau Laut yang menjadi ibukota Kabupaten Kotabaru, dan Pulau Cinta ini memiliki luas sekitar 500 m2 dan hanya terdiri dari batu-batu besar dan sejumlah pohon di dalamnya.
 
Pelepasan  sepasang ayam jantan dan betina pada puncak pesta adat tersebut  dilaksanakan lansung oleh Bupati Kotabaru, H. Irhami Ridjani dan Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru Alpidri Supian Noor dengan disaksikan oleh ribuan penonton.  

Dari atas batu itulah sepasang ayam tersebut lepas dan dilemparkan sebagai pertanda permohonan kepada Tuhan agar dimudahkan dalam mencari dan mendapatkan jodoh.

Setelah sepasang ayam jantan dan betina dilepas, para peserta khusunya kaum muda-mudi kemudian mengikatkan pita atau tali yang di dalamnya sudah diisi batu ataupun sapu tangan di atas dahan maupun ranting pohon yang terdapat di Pulau Cinta.

Ini dimaksudkan sebagai perlambang jika kelak mendapatkan jodoh yang kekal dan hanya maut yang memisahkan mereka.

Dalam sambutannya Bupati Kotabaru Irhami Ridjani sangat berterima kasih kepada wartga setempat dan Dinas Budaya, Olahraga dan Pariwisata yang telah mempertahankan Budaya adat istiadat khas suku mandar ini.

“ Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru sangat mengapresiasi karena telah mempertahankan budaya ini," katanya.

Irhami pun kedepannya menuai harapan untuk terus mengembangkan potensi wisata yang nantinya bisa menarik wisatawan dari luar daerah Kabupaten Kotabaru.

Pesta adat Mallasuangmanu ini juga dimeriahkan dengan tarian tarian adat setempat yang juga disaksikan Kepala DInas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Rayrajuni dan Camat Pulau Laut Kepulauan, Johan.

Pewarta: Bari

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013