Untuk mewujdukan program pasangan Sayed Jafar-Burhanudin, menjadikan pembangunan di Kotabaru lebih baik, dan merata serta masyarakaatnya sejahtera, maka maka pasangan tersebut memfokuskan pembangunan pada sektor infrastruktur.

Pemenuhan Infrastruktur manjadi isu sentral dalam visi dan misi Bupati Kotabaru, sehingga tidak salah apabila ienfrastruktur mendapat porsi lebih besar dari APBD Kotabaru.

Saat ini panjang jalan di Kotabaru 1.400 kilometer itu, maka anggaran tersebut dirasa masih jauh dari cukup. Untuk itu legislatif sebagai mitra eksekutif merasa terpanggil dengan men-support melalui kebijakan dan loby ke pusat untuk mendapatkan dana alokasi khusus.
     
Selain memantau secara berkala dan memaksimalkan kinerja SOPD terkait, terobosan yang dilakukan pemerintahan Sayed Jafar-Burhanudin adalah meluncurkan Portal website yang memuat kondisi terkini dan detail tentang database keberadaan jalan di Kotabaru.
     
Web dengan alamat www.database-kotabarukab.info ini merupakan sistem yang memuat data dan informasi peta jaringan jalan ini dibuat untuk memudahkan kinerja Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air dalam memantau kondisi jalan.
     
Database jalan yang mudah diakses juga dimaksudkan untuk menghindari tumpang tindih pekerjaan perbaikan jalan oleh pemerintah desa. Melalui portal web tersebut, desa dapat mengecek sendiri status jalan yang akan diperbaiki sebelum membuat perencanaan.
     
Untuk mendukung Kotabaru menjadi destinasi nasional maupun internasional, tidak terlepas dari ketersediaan infrastruktur yang memadai.
     
Sinergis dengan upaya eksekutif, DPRD Kotabaru sangat mendukung langkah yang dilakukan pemerintah daerah dalam mengutamakan pembangunan yang langsung bersentuhan dengan hajad masyarakat luas.
     
Selain fokus di darat, Sayed Jafar-Burhanudin juga fokus untuk menghapus keterisolasian di pulau-pulau di Kotabaru. Hal itu mendukung program pemerintah pusat yakni, membangun "Tol Laut".
     
Terkait dengan tanggapannya dalam moment Hari Jadi ke 69 Kabupaten Kotabaru, Ketua DPRD Kotabaru, Hj Alfisah mengucapkan "Selamat".
     
Ketua DPRD Kotabaru memberikan apresiasi kepada kinerja Pemkab Kotabaru, khususnya terhadap laporan pertanggungjawaban bupati pada sidang paripurna DPRD.
     
"Alhamdulillah, selama ini legislatif dan eksekutif berjalan dan bersinergis, walaupun kita menyadari ada kerikil-kerikil dalam penyelenggaraan pemerintahan. Namun itu sebagai dinamika hubungan yang harmonis antara eksekutif dengan legislatif," tuturnya.

Pewarta: Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019