Hasil Uji Kompetensi terhadap tenaga honorer yang tercatat masuk sejak periode tahun 2017 hingga 2019 di Lingkup Pemerintahan Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, pada 14-18 Mei 2019 lalu, dinilai kurang memuaskan.

Disampaikan Bupati Balangan, H Ansharuddin, Selasa kepada Antara, mayoritas berada pada nilai dibawah standar yang diharapkan, yakni dibawah angka 60.

"Rata-rata kurang bisa dalam pengoperasian aplikasi komputer, padahal skill aplikasi komputer sangat diperlukan bagi mereka yang bekerja di lingkup perkantoran pemerintah," ungkapnya.

Untuk itu lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Balangan, akan melaksanakan pembinaan dan pelatihan bagi mereka yang berada dibawah angka standar yang diharapkan tersebut.

"Kita akan kembali bekerjasama dengan pihak STIKOM Balangan, yang kemarin melaksanakan uji kompetensi honorer tersebut untuk memberikan pembinaan dan pelatihan komputer, agar mereka lebih terampil serta memiliki skill saat melaksanakan pekerjaan di lingkup perkantoran pemerintah," ujarnya.

Selain itu tambahnya, sebagian dari mereka juga akan dipindahkan ke lingkungan kerja yang lebih sesuai dengan pendidikan mereka, misal yang lulusan perawat tentu akan kita arahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balangan, atau ke Puskesmas.

Dari data yang kita dapatkan, ada pula instansi yang memiliki tenaga honorer terlalu banyak, sehingga akan diberdayakan ke perkantoran maupun kecamatan yang dinilai memerlukan tenaga tambahan, pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Mutasi Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Balangan Sumedi, beberapa waktu lalu mengungkapkan, tes dilaksanakan kerena pertimbangan banyaknya tenaga honorer bahkan datanya melebihi dari Aparatur Sipil Negera (ASN ) Pemerintah Kabupaten Balangan.

Dari data BKPPD Kabupaten Balangan, tenaga Honorer yang ditanda tangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Balangan, H Ruskariadi, berjumlah 559 orang.

Diantaranya yang paling banyak di Dinas Perpustakaan, yakni sebanyak 89 orang. Dinas Pariwisata 7 orang, Dinas Pertanian 26 orang, Dinas Kesehatan 22 orang, Dinas Perhubungan 7 orang, Sekretariat Daerah 36 orang, Dinas Kominfo 16 orang, Pengedalian penduduk 7 orang, Dinas Perkim 16 orang, Disnaker 23 orang, Sekretariat DPRD 32 orang, Dinas pendidikan 36 orang, Dinas Sosial 1 orang, Kecamatan Paringin Selatan 4 orang, Kecamatan Batu Mandi 3 orang, Kecamatan Paringin 1 orang, Kecamatan Lampihong 4 orang.
 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019