Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor biasa  akrab di sapa 'Paman Birin' dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadan 1440 H tiba di Kabupaten Hulu Sungai Utara tepatnya di Desa Pihaung Kecamatan Haur Gading, Minggu.

Kedatangan rombongan Gubernur disambut Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Abdul Wahid dan pejabat setempat. Kegiatan Safari dan buka puasa bersama dilaksanakan di Mesjid Al Munirah.

Pada acara itu hadir pula Ketua Komisi III DPRD Kalsel H. Supian HK, para pejabat lingkup Provinsi Kalsel, Wakil Bupati HSU H. Husairi Abdi, unsur Forkopimda HSU.

"Bapak sekarang berada di Desa Pihaung yang pernah meraih juara tingkat Nasional kategori HATINYA PKK yang artinya masyarakat disini tingkat partisipasi dan kebersamaannya cukup tinggi dalam membantu program pemerintah  daerah," ujar Wahid dalam sambutannya.

Bupati juga berterima kasih kepada Pemprov Kalsel atas pinjaman mesin eksavator amfibi yang saat ini bekerja membersihkan aliran sungai dan lahan pertanian dari tanaman liar Putri Malu Raksasa (Mimosa Pigra L) atau masyarakat menyebutnya sebagai 'susupan gunung'.

Pinjaman mesin ini sebagai bentuk apresiasi Gubernur atas keluhan masyarakat khususnya petani di Kecamatan Danau Panggang dan Babirik yang mengeluhkan permasalahan Susupan Gunung sehingga petani setiap tahun kesulitan membuka lahan.

Namun Wahid mendapatkan informasi bahwa Susupan Gunng ternyata memiliki nilai ekonomis sebab dari hasil sementara penelitian Institut Pertanian Bogor, susupan gunung  bisa dijadikan untuk obat perawatan kecantikan.

"Mudah-mudahan hasil penelitian ini benar adanya sehingga tanaman yang selama ini menjadi momok petani justru membawa berkah bagi kita semua," katanya.

Pada kesempatan itu Paman Birin menyerahkan sumbangan bagi 43 tempat ibadah yang langsung di serahkan oleh Gubernur dampingi bupati dan wakil bupati kepada masing-masing pengurus mesjid dan mushola.

Rencananya Gubernur akan meneruskan kegiatannya di Kabupaten HSU dengan melepas dan menyaksikan arakan tanglong yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019