Selasa, 24 Oktober 2017

Perda Tera HSS Untuk Ciptakan Tertib Ukur Timbang

id Layanan Tera, Perda, Pemkab HSS, Dinas Perdagangan HSS, Kominfo HSS
Perda Tera HSS Untuk Ciptakan Tertib Ukur Timbang
Kepala Dinas Perdagangan HSS H Supiani (Antarakalsel/Fathur/Ist)
"Penyusunan draft Perda Tera Kemetrologian telah dilakukan bulan September 2017 lalu , untuk segera diserahkan ke Pemkab dan dibahas bersama DPRD HSS,"
Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) mengusulkan Draf Peraturan Daerah (Raperda), tentang Tera Kemetrologian untuk memberikan pelayanan tera, ukur, timbang, takar, timbang di HSS.

Kepala Dinas Perdagangan HSS H Supiani, di Kandangan, Rabu (11/10), mengatakan,  tujuan pengusulan draft untuk menciptakan tertib ukur dan timbangan, demi peningkatkan dan kepuasan pelayanan kepada konsumen.

"Penyusunan draft Perda Tera Kemetrologian telah dilakukan bulan September 2017 lalu , untuk segera diserahkan ke Pemkab dan dibahas bersama DPRD HSS,"katanya.

Dijelaskan dia, penetapan perda merupakan syarat untuk berdirinya Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Kemetrologian, yang akan dibentuk di tahun 2018 mendatang.

Terbentuknya UPT  nantinya. menurut dia akan dapat menambah pemasukan bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan pihak dia akan merekrut tenaga penera.

Dua orang yang akan direkrut terdiri dari satu orang berlatar belakang pendidikan sarjana strata satu teknik atau MIPA , dan satu orang tamatan SLTA atau sederajat sebelum Desember 2017.

Diharapkan dia, pembentukan UPT bisa dirampungkan di tahun 2018 dengan ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM), dilanjutkan dengan target pembangunan Gedung Metrologi Legal.

Untuk lahan tempat dibangunnya Gedung Metrologi Legal bertempat di Desa Gambah, Kecamatan Kandangan, lahan yang merupakan aset Pemkab yang disiapkan untuk bangunan tersebut.

Editor: Fathurrahman

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga