Pada Ramadhan 1440 Hijriyah /2019  Tim Penggerak PKK Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan,  kembali menggelar Pasar Murah Ramadhan (PMR) sejak hari kedua puasa, Rabu (8/5), di Desa Tabunganen Kecil, Kecamatan Tabunganen.

Pada hari ketiga Ramadhan, Kamis (9/5),  kegiatan PMR kembali dilaksanakan di dua tempat sekaligus yakni,  di Desa Bantuil,  Kecamatan Cerbon dan Desa Batik Dalam, Kecamatan Bakumpai.

Menurut rencana kegiatan Pasar Ramadha 1440 Hijriah  akan dilaksanakan di 17 kecamatan se- Kabupaten Batola.

Untuk PMR di Tabunganen jenis sembako yang disediakan berupa 400 kg gula, 200 kemasan minyak goreng 1 liter, 200 kaleng susu enak, 200 botol sirup marjan, 200 kotak teh sariwangi, 297 bungkus kurma, dan 40 paket indomie goreng isi 5 bungkus.

Di kegiatan PMR di Tabunganen tersebut, Tim Penggerak  PKK Batola juga membagikan 40 paket sembako untuk lansia.

Selanjutnya, kegiatan di Desa Bantuil Kecamatan Cerbon, Tim Penggerak PKK membagikan paket sembako gratis untuk 40 lansia dan 37 paket bagi masyarakat prasejahtera.

Selain itu,  juga dibagikan 160 paket sembako gratis bagi masyarakat kurang mampu masing-masing 20 paket perdesa yang berasal dari surplus UPK dana amanah pemberdayaan masyarakat.

Kemudian,  kegiatan PMR di desa tersebut, sembako yang dijual terdiri gula pasir 300 kg, 200 liter minyak goreng, 200 kaleng susu kental manis, 200 botol sirup jeruk, 200 kotak teh celup, 100 paket mie instan isi 5 bungkus, 50 kg tepung terigu, 50 bungkus kacang tanah isi 0,5 kg, 50 bungkus belinjo isi 0,25 kg dan 50 kaleng sarden.

Segala jenis sembako yang dijual mendapat sambutan antusias dari masyarakat karena harganya lebih murah dari harga pasar lantaran mendapatkan subsidi dari TP-PKK, camat, dan para kades.

Khusus untuk kegiatan di Desa Batik Kecamatan Bakumpai TP-PKK hanya membagikan 60 paket sembako gratis yang diperuntukan bagi para lansia dan keluarga prasejahtera.

“Kami bersyukur dengan adanya PMR ini, karena dengan sulitnya ekonomi seperti sekarang akan sangat membantu terhadap kebutuhan kami,” tukas seorang ibu yang bermukim di Desa Bantuil Kecamatan Cerbon.

Ketua TP-PKK Batola Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor mengatakan, digelarnya PMR ini pada dasar merupakan wujud perhatian dan kepedulian TP-PKK Kabupaten bersama TP-PKK kecamatan dan desa dalam membantu mengurangi beban warga dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari sekaligus berbagi berkah dan kebahagiaan di bulan Ramadhan.

“Kami menyadari apa yang disediakan ini belum memenuhi permintaan masyarakat, namun setidaknya mampu menghadirkan senyum yang diharapkan semakin mempererat hubungan dan rasa kebersamaan,” kata Saras.   


 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019