Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, imbau masyarakat agar mewaspadai musibah kebakaran, khususnya pada saat bulan Ramadhan 1440 Hijriyah/ 2019 Masehi.

Dikatakan Kasi Kedaruratan BPBD Balangan, Muhammad Syuhada, Selasa (7/5) bahwa pada bulan Ramadhan terkadang warga kurang fokus karena ingin cepat-cepat melaksanakan ibadah berjamaah ke Mesjid maupun Langgar.

"Karena ingin cepat-cepat pergi ke tempat ibadah untuk sholat berjamaah, sehingga terkadang banyak yang lupa mematikan kompor, baik pada saat usai memasak untuk berbuka puasa, maupun usai memasak untuk sahur, atau malah ketiduran," tuturnya.

Bukan hanya terkait musibah kebakaran, ia juga mengingatkan kembali akan bahaya lainnya seperti pencurian. Untuk itu ia terus berpesan agar warga masyarakat dapat memastikan keamanan rumah sebelum meninggalkan rumah maupun sebelum tidur.

"Pastikan kompor dalam keadaan aman (dimatikan) serta waspadai arus-arus pendek dari sambungan kabel, selain itu pastikan juga kendaraan, pintu dan jendela rumah sudah dalam keadaan terkunci," ingatnya.

Terakhir ia berharap semoga warga di Bumi Sanggam ini dapat menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman serta lancar, tanpa adanya musibah yang menimpa.

"Selamat menjalankan ibadah puasa, Marhaban ya Ramadhan 1440 Hijriyah," pungkasnya.
 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019