Apel gabungan bulan Mei yang juga bertepatan dengan hari pertama di Bulan Ramadhan 1440 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) mengawalinya dengan tausyiah, bertempat di halaman Sekretariat Daerah (Setda).

Wakil Ketua MUI Kabupaten HSS Ustad M Jamhari Muhdin, di Kandangan, Senin (6/5), mengatakan dalam tausyiahnya bahwa orang-orang yang dirindukan surga ada empat golongan.

"Orang-orang tersebut adalah yang mulutnya selalu membaca Al-Quran, orang-orang yang selalu memelihara lidahnya, orang-orang yang selalu memberikan makan kepada yang kelaparan, dan orang-orang yang berpuasa di Bulan Ramadhan," katanya.

Baca juga: Daerah agar gali potensi, keunikan serta kearifan lokal untuk inovasi

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Nordiansyah, mengatakan misi yang akan dicapai Dinas Pendidikan lima tahun ke depan sesuai dengan RPJMD 2018 - 2023 diarahkan sejalan dengan peningkatan Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM).

Dalam lima tahun terakhir ada kenaikan IPM, tahun 2017 sebesar 62.65, tahun 2018 sebesar 68.59, dan untuk tahun 2019 ditargetkan menjadi 72.57 dan salah satu cara untuk menaikkan IPM adalah dengan menaikkan angka rata-rata harapan sekolah bagi anak usia sekolah yaitu lamanya sekolah yang dijalani.

"Untuk menaikkan IPM telah diadakan kerjasama dengan Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten HSS, sehingga bukan hanya ilmu agama yang dipelajari, tapi juga ketika selesai menuntut ilmu di pesantren, para santri akan mendapatkan ijazah pendidikan formal," katanya, saat bertindak sebagai pembina apel.

Baca juga: Syukuran dan tasmiah bersama program ibu hamil sehat Baznas
 
Menurut dia, Dinas Pendidikan akan melakukan kerjasama dengan Rumah Tahanan (Rutan) yang bertujuan untuk pemberantasan buta huruf di Rutan yang nantinya akan mengadakan sistem belajar paket A, paket B dan Paket C.

Turut berhadir, Pj Sekretaris Daerah H.Hubriansyah, Asisten Administrasi Pemerintahan Tafrinsyah , Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan H.Saifullah, para kepala SKPD dan para ASN di lingkup Pemkab  HSS. 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019