Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H.Achmad Fikry,MAP mencanangkan desa bebas rentenir untuk tiga desa yang ada di Kecamatan Kandangan, yakni Desa Lungau, Desa Bangkau dan Desa Gambah Dalam Barat.

Ia mengatakan, menyambut baik langkah Kecamatan Kandangan, untuk menghentikan aktivitas rentenir di HSS untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Hari ini telah diaplikasikan untuk tiga desa yang ada di Kecamatan Kandangan, kami berharap dengan cara ini kita bisa mulai mengurangi, kalau menghentikan membutuhkan waktu," katanya, saat menyampaikan sambutan, bertempat di halaman Desa Lungau, Jum'at (26/4).

Baca juga: Kecamatan Kandangan deklarasi wilayah bebas rentenir

Dijelaskan dia, kata kunci yang sangat berpengaruh adalah sikap mental orang itu sendiri dan masyarakat  untuk tidak lagi terjebak dalam jeratan pinjaman yang menggiurkan.

Salah satu upaya untuk mengurangi aktivitas renternir di masyarakat adalah dengan mengaktifkan kegiatan simpan pinjam melalui  badan usaha milik desa (Bumdes). 

Melalui Bumdes, masyarakat bisa meminjam dengan bunga ringan dengan jangka waktu yang bisa ditentukan dan disepakati bersama.

Pada kesempatan tersebut, bupati juga menyampaikan terimakasih kepada pengusaha, alim ulama yang telath membantu menyukseskan program pengentasan kemiskinan.

Baca juga: Atasi pelaku rentenir Bupati HSS harapkan peran perbankan

“Teruslah kita melangkah untuk mewujudkan masyarakat HSS yang sejahtera dunia dan akhirat,” ujar Bupati.

Turut hadir, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten HSS H.Hubriansyah, para Kepala OPD, ketua MUI Kecamatan Kandangan, para alim ulama, Baznas Kabupaten HSS, Forkompinca Kandangan, para kepala desa se Kecamatan Kandangan, para pengusaha dan masyarakat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019