Pantai di Pulau Salak di Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menjadi pusat tempat berlibur tahun baru 2013 bagi wisatawan domestik dan manca negara. 


Pantauan ANTARA, Selasa, pantai berpasir putih yang ditumbuhi cemara tersebut dipadati puluhan ribu pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai Pulau Salak.

Mereka datang dari berbagai daerah di Kalimantan, bahkan sebagian ada diantaranya wisatawan dari manca negara.

Ratusan tenda yang menggunakan terpal plastik warna-warni dibangun pengunjung sejak Senin (31/12) menjelang perayaan tahun baru.

Sepanjang bibir pantai dipenuhi bangunan tenda untuk beristirahat dan tempat berjualan para pedagang kaki lima.

Selain menikmati keindahan pantai nan berpasir putih bersih, pengunjung juga disuguhi hiburan dangdut dengan menampilkan sejumlah penyanyi yang sudah tidak asing lagi.

Kepadatan pengunjung pantai cukup dirasakan oleh pengguna jalur Trans Kalimantan, karena ribuan kendaraan roda empat dan roda dua diparkir di sepanjang jalan sekitar pantai.

Akibatnya pengguna jalan Trans Kalimantan terpaksa mengurangi kecepatan laju kendaraannya di sepanjang pantai di Pulau Salak.

Puluhan Polisi lalu kintas karena untuk mengatur arus lalu lintas di jalur tersebut, agar pengguna jalan tetap bisa melanjutkan perjalanannya dan tidak terganggu aktivitas di Pulau Salak.

Sementara itu, sejumlah pengunjung tampak menghindari petugas yang menagih karcis di pintu masuk, dengan melewati semak belukar.

"Melihat kondisi tersebut, pemerintah daerah setempat ke depan harus menyiapkan lokasi parkir yang lebih luas lagi, agar pengunjung lebih leluasa menikmati liburan dan arus lalu lintas tetap lancar tanpa ada hambatan," ujar seorang pengguna jalan Hanafi.

  Bukan hanya itu, pemerintah daerah terutama Dinas Pariwisata ke depan harus benar-benar menyiapkan petugas jaga loket yang cukup, untuk meminimalisir pengunjung yang nakal tidak mau membayar karcis/D.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013