Forum Komunitas Hijau (FKH) Ijejela Bahalap, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan menggelar Seminar Hijau, di Aula Selidah Kantor Bupati Barito Kuala, Kamis (18/4).


Bupati Batola Hj Noormiliyani AS melalui Penjabat Sekda H Abdul Manaf memberi apresiasi atas terlaksananya seminar yang dinilai akan memberi manfaat terhadap pengelolaan lingkungan.

“Melalui kegiatan ini tentunya kita berharap dapat mewujudkan pelaksanaan program Kota Hijau yang sejalan dengan karakteristik fisik dan sosial budaya lokal,” harapnya.

Bupati menilai, dari kegiatan seminar yang dilaksanakan, memberi gambaran kepedulian organisasi ini akan peran aktif dalam mendukung upaya pemerintah menata dan menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, teduh, sejuk dan bebas dari segala sampah termasuk sampah plastik sesuai tema yakni, Kita Tumbuhkan Kepedulian Generasi Muda Dalam Mewujudkan Barito Kuala Hijau, Bersih dan Bebas Sampah Plastik.

Bupati juga mengharapkan, melalui seminar yang dilaksanakan akan mampu mengembalikan kesadaran sekaligus menanamkan kecintaan kepada lingkungan, terutama kepada anak-anak selaku generasi penerus akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

“Green community merupakan salah satu hal penting dalam pengembangan kota hijau. Komunitas seperti ini memiliki peran untuk menjamin keberlanjutan program di masa mendatang,” katanya.

Terkait keberadaan FKH Ijejela Bahalap, bupati menilai, sangat tepat untuk mewadahi komunitas-komunitas masyarakat yang menitikberatkan pada isu lingkungan dan sosial budaya dalam peningkatan kesadaran masyarakat.

“Saya berharap FKH memberi pemahaman masyarakat tentang pentingnya kota hijau yang bebas sampah bagi keseimbangan fungsi kota yang berkelanjutan, mengajak masyarakat memanfaatkan RTH serta berperan aktif dalam peningkatan kualitas dan kuantitas RTH kawasan perkotaan,” harap bupati.

Seminar dibuka Bupati melalui Penjabat Sekda Batola H Abdul Manaf itu dihadiri Ketua TP-PKK selaku Ketua Tim Swakelola P2KH Hj Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor, Kepala DLH Fahriana dan para pimpinan SKPD  serta  melibatkan para organisasi kepemudaan, organisasi, pelajar peduli lingkungan.
 

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019