Wakil Kepala Polda Kalimantan Selatan, Brigjen Pol Aneka Pristafuddin mengemukakan, pengamanan Pemilu 2019 di provinsi itu, khususnya pada hari pemungutan suara, terkoordinir dengan baik, sehingga berjalan aman dan lancar.

"Pengamanan kita di hari pencoblosan benar-benar maksimal dan koordinasi antar Polres berjalan baik berkat pembagian fokus tanggung jawab yang diperintahkan Bapak Kapolda," terang Wakapolda Brigjen Aneka Pristafuddin di Banjarmasin.

Koordinasi berjalan baik tersebut berkat penerapan zonasi tanggung jawab yang masing-masing dikomando seorang Pejabat Koordinator (Korwil) dibantu Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) pada setiap Polres.

Menurut dia, kerja Kapolres jadi sedikit ringan karena dibantu para Pamatwil dari Pejabat Utama Polda serta seorang Korwil yang membawahi beberapa Polres.

Aneka sendiri mendapat tugas sebagai Korwil I mencakup Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Dari hasil pantauan Wakapolda di empat kabupaten tersebut, situasi selama pemungutan suara begitu kondusif.

"Saya telah mengunjungi beberapa TPS di Tanah Laut dan Tanah Bumbu serta mengecek kesiapan KPPS di Kotabaru sehari sebelum pencoblosan, semuanya lancar dan tidak ada kendala," ungkap Aneka.
Adapun untuk Korwil II Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Irwasda Djoko Poerbohadijojo yang mencakup Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Batola, dan Tapin juga memastikan semuanya aman terkendali.

Begitu juga dengan Korwil III Karolog Polda Kalsel Kombes Pol Bambang Hermanto yang bertanggung jawab untuk Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong.

Atas terjaganya situasi kamtibmas yang kondusif selama tahapan pemilu hingga mencapai puncaknya di hari pencoblosan, Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani selaku panglima penanggung jawab keamanan Pemilu 2019 di Banua Kalsel mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang bekerja keras penuh pengabdian tulus.

"TNI-Polri bersama rakyat Banua Kalimantan Selatan sungguh solid menjaga daerah ini. Masyarakat sudah membuktikan mereka cinta damai dan sudah dewasa, sehingga tidak mudah terprovokasi oleh hoaks di media sosial yang tak tertanggung jawab," tandasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019