Pusat Pengelolaan Jurnal dan Penerbitan (PPJP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadakan kegiatan workshop dengan tema
“Pencegahan Plagiarisme Pada Karya Tulis Ilmiah” yang diselenggarakan di Hotel Aria Barito Banjarmasin.

Dalam kegiatan itu terungkap jika ULM saat ini menempati urutan 29 di peringkat Science and Technology Index (SINTA)

Menurut Ketua PPJP ULM Prof Dr Ir H Abdul Hadi, untuk saat ini ULM sedang bersaing ketat dalam peringkat di SINTA.

“Tercatat, beberapa hari yang lalu ULM menempati urutan 22 dari 4.000 perguruan tinggi, namun harus turun ke posisi 33 dan naik kembali ke peringkat 29. Hal inilah yang harus dijadikan motivasi untuk berjuang keras dalam pengembangan karya tulis ilmiah di ULM," ucapnya.

Kegiatan itu diikuti oleh 126 peserta yang terdiri dari dekan, ketua program studi, dosen, dan pengelola jurnal dari berbagai fakultas di lingkungan ULM.

Pada pembukaannya, Abdul Hadi menyampaikan, kegiatan itu sangat penting guna meningkatkan jumlah publikasi jurnal nasional, jurnal internasional, dan sitasi.

Acara juga diisi oleh narasumber Abdur Rahman, S.pi, M.Sc dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd. 

Dalam sambutannya, Aminuddin mengatakan, workshop itu tepat untuk memenuhi target publikasi jurnal di ULM yaitu bisa menerbitkan 150 jurnal internasional, 375 jurnal nasional dan 500 judul sitasi.

Dia menambahkan, fungsi dari perguruan tinggi adalah mengembangkan aktifitas akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif dalam pelaksanaan Tridharma.

"Seperti yang kita tahu, riset merupakan bagian penting dari Tridharma yang harus terus kita tingkatkan guna mendapat akreditasi Internasional pada 5 tahun ke depan," jelasnya.

Harapannya, target ini bisa memacu ULM untuk menjadi pusat studi penelitian yang berdaya saing dan terkemuka di bidang lingkungan lahan basah.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019