Pemerintah Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan,  akan membenahi sebuah rumah tua yang ada di tepian Sungai Kelayan, Kecamatan Banjarmasin Selatan untuk dijadian sebuah museum air.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin Ikhsan Alhaq saat menjadi nara sumber bimbingan tehnis sinkronisasi promosi pariwisata di pasar Eropa, 11-12 April 2019, mengatakan hal tersebut.

Menurutnya, ada sebuah rumah tua berusia ratusan tahun di tepian Sungai Kelayan layak dijadikan sebuah museum air, yang akan menampilkan foto-foto dan koleksi benda-benda yang berkaitan dengan budaya atau kehidupan masyarakat Banjarmasin yang selalu dekat dengan air.

Dalam museum tersebut nantinya akan ada tulisan-tulisan mengenai sejarah Kota Banjarmasin yang ada kaitannya dengan budaya air tersebut disamping dilengkapi dengan koleksi benda-benda termasuk alat transportasi air.

Sehingga museum tersebut akan menambah destinasi wisata disamping sebagai lokasi penelitian dan pendidikan, tambahnya seraya menyebutkan rumah tua tersebut sudah dibeli Pemkot Banjarmasin.

Dalam acara yang menampilkan beberapa nara sumber tersebut, Ikhsan Alhaq juga menuturkan bahwa Banjarmasin layak menjadi pangsa pasar wisata Eropa, karena orang Eropa menyenangi kehidupan tradisional, budaya, dan alam lingkungan yang orisinil.

Apalagi Banjarmasin terdapat 170 sungai yang memiliki kehidupan masyarakat yang khas dan tradisional yang ada kaitannya dengan sungai tersebut, oleh karena itu wisata Banjarmasin akan dipasarkan ke Eropa.

Mengenai jumlah destinasi di Banjarmasin disebutkannya cukup banyak tercatat 36 destinasi, sebagian besar wisata alam dan budaya yang merupakan kesenangan wisatawan mancanegara tersebut.

Menyinggung even pasar wadai Ramadhai, ia menyebutkan salah satu yang terus diagendakan setiap tahun sebagai atraksi wisata dan atraksi buadaya.

Hanya saja tahun ini lokasinya tak lagi di depan Pemkot Banjarmasin tetapi dipindah ke lapangan Kamboja, karena lokasi terdahulu sudah kurang layak dinilai mengganggu arus lalu lintas dan mengganggu masyarakat yang ingin berurusan di Pemkot dan Meangggu PNS yang bekerja di lingkungan tersebut.

 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019