Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, berupaya meningkatkan keterampilan dan pengetahuan perempuan didaerah itu.


Salah satu caranya melalui kegiatan peningkatan keterampilan dan keahlian bagi perempuan yang diikuti istri camat se-Kabupaten Banjar serta perwakilan kader PKK dan Dharma Wanita di Martapura, Rabu.

Sekretaris BP3AKB Kabupaten Banjar Husni Thamrin MT, Rabu mengatakan, melalui keterampilan dan keahlian yang dimiliki kaum wanita diharapkan berdampak positif bagi kesejahteraan keluarga dan kehidupan rumah tangga.

"Bekal keterampilan dan keahlian yang dimiliki setiap perempuan bisa digunakan untuk menambah penghasilan keluarga sehingga mampu berperan meningkatkan kesejahteraan keluarga," ujar Husni.

Ia mengatakan, materi dan praktek yang diberikan kepada seluruh peserta adalah keahlian merias wajah atau make-up yang bernuansa Islami dan mengenakan jilbab dengan berbagai mode dan variasi.

Kegiatan itu mendapat respon peserta apalagi mereka merupakan perempuan yang hampir setiap hari aktif dan terlibat dalam kegiatan suami sebagai camat maupun kegiatan PKK dan Dharma Wanita.

"Seluruh peserta antusias mengikuti kegiatan apalagi mereka mendapatkan ilmu dalam merias wajah sehingga bisa digunakan untuk diri sendiri saat menghadiri undangan resmi mendampingi suami," ungkapnya.

Ketua Panitia Pelaksana Rusydah mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan BP3AKB Kabupaten Banjar bertujuan agar kaum perempuan lebih mandiri dan memiliki keahlian sesuai potensi diri.

Di sisi lain, mereka juga terhindar dari tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang merugikan kaum perempuan salah satunya melalui pelatihan keterampilan dan keahlian yang dilaksanakan tersebut.

"Melalui peningkatan keterampilan, diharapkan kaum perempuan lebih berdayaguna dan memiliki konsep diri sehingga tidak diperlakukan semena-mena oleh laki-laki sebagai muara KDRT," katanya.

  Ditambahkan, seluruh peserta kegiatan diharapkan menjadi bekal bagi peserta dan disosialisasikan kepada perempuan lain di lingkungan sekitarnya sehingga memiliki keterampilan dan keahlian agar lebih mandiri. /D.
(T.KR-SYO/C/S023/S023) 05-12-2012 17:10:36

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012