Sebanyak 90 kelompok tani di Tabalong, Kalimantan Selatan mendapatkan bantuan traktor tangan dari Dinas Tanaman Pangan, Peternakan dan Perikanan (Distanakkan) setempat.

Kepala Seksi sarana, Distanakkan Tabalong, Syamni, di Tanjung ibukota Tabalong, Senin mengatakan 90 unit traktor tangan diserahkan kepada kelompok tani di sembilan kecamatan.

Kesembilan kecamatan itu , yakni Kecamatan Banua Lawas, Kelua, Tanta, Tanjung, Murung Pudak, Haruai, Upau, Muara Uya dan Jaro.

"Bantuan traktor tangan merupakan bantuan dari dana APBN sebanyak 86 unit dan 4 unit bersumber dari APBD provinsi, yang diperuntukkan bagi 90 kelompok tani di sembilan kecamatan," jelasnya.

Selain memberikan bantuan traktor tangan, Distanakkan Tabalong juga memberikan bantuan mesin penggiling padi sebanyak 2 unit untuk kelompok tani Undan I Desa Tabalong.

Termasuk bantuan langsung benih padi unggul sebanyak 277.500 kilogram untuk 417 kelompok tani.

Untuk meningkatkan produksi pertanian selain memberikan bantuan peralatan pertanian juga disalurkan benih padi unggul sebanyak 277.500 kilogeram bagi 417 kelompok tani, tambahnya.

Sementara itu untuk kegiatan Sekolah Lapang Pengembangan Tanaman Terpadu (SLPTT) diberikan bantuan sosial padi non hibrida spesifik lokasi untuk 86 kelompok tani.

Untuk SLPTT padi non hibrida masing-masing kelompok tani mendapatkan bantuan sebesar Rp57,4 juta.

Bantuan peralatan pertanian lainnya, berupa 1.500 terpal plastik, 5.500 sabit bergerigi untuk 50 kelompok tani.

Serta mesin panen padi sebanyak 25 buah dan mesin perontok padi 27 buah untuk 50 kelompok tani.

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012