Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan, mulai melakukan persiapan guna menghadapi penilaian Adipura yang akan dilaksanakan pada akhir Desember 2012.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tata Kota dan Perdesaan (LH Takodes) setempat, Anang Syakhfiani di Kandangan, ibu kota HSS, Rabu, mengatakan salah satu persiapan itu adalah dengan menggelar lomba kebersihan.

"Lomba kebersihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan peran dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan yang dilakukan di seluruh titik pantau penilaian Adipura," katanya.

Lomba dilakukan di beberapa kawasan perumahan, perkantoran, sekolah dan jalan serta lingkungan rumah tangga yang akan dinilai oleh Tim Penilai Kabupaten.

Menurutnya, Tim Penilai Kabupaten terdiri dari lima orang dari beberapa dinas dan instansi serta dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

"Dengan beragamnya anggota Tim Penilai Kabupaten diharapkan penilaian yang dilakukan dapat lebih objektif dan tidak melenceng dari kerangka serta tema yang telah ditentukan," ujarnya.

Hasil penilaian nantinya akan di evaluasi dan dijadikan bahan perbaikan untuk menghadapi penilaian sesungguhnya oleh Tim Penilai Adipura nantinya.

Ia menambahkan, hasil dari lomba tersebut dapat menjadi acuan dan gambaran bagi pemerintah daerah setempat tentang berapa kira-kira nilai yang akan didapat pada penilaian Adipura.

"Karena itulah, lomba tersebut penting bukan hanya sebagai upaya peningkatan kebersihan lingkungan tetapi juga sebagai bahan evaluasi dan peningkatan penilaian Adipura," tambahnya.

Kegiatan lomba akan dimulai pada 5 Desember mendatang setelah pelaksanaan peringatan Hari Jadi Kabupaten yang bertepatan dengan 2 Desember.

  Pemenangnya akan mendapatkan hadiah berupa satu unik kendaraan angkutan sampah jenis Tossa sebagai operasional kebersihan lingkungan setempat./D.
(T.KR-SYO/B/H005/H005) 28-11-2012 11:02:47

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012