Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) MK Saputra menyampaikan dipilihnya bangunan Asrama Putri HSS Malang di lokasi Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru telah melalui kajian yang cukup mendalam.

Ia mengatakan, pertimbangan pemiilihan lokasi ini dengan mengedepankan berbagai aspek diantaranya efesiansi, efektifitas, kedekatan dan akses ke berbagai kampus serta keamanan lingkungan, kemudian selain itu juga dari masukan-masukan para mahasiswa yang ada di Malang.

"Pembelian bangunan asrama mahasiswa ini menggunakan dana APBD Kabupaten HSS tahun 2018 melalui Dispera KPLH sebesar Rp950 juta, dan saat ini peralihan hak dari pemilik ke Pemkab HSS masih dalam proses di notaris," katanya, saat memberikan keterangan, di Asrama Putri HSS, Sabtu (30/3).

Baca juga: Bupati HSS resmikan asrama putri HSS di Malang

Dijelaskan dia, maksud dan tujuan disediakannya asrama putri ini adalah untuk menyediakan tempat tinggal yang sehat, mudah, aman dan dekat dengan berbagai kampus perguruan tinggi bagi mahasiswi terutama mahasiswi baru yang belum begitu kenal dengan situasi kondisi malang.

Selain itu, asrama ini juga sebagai tempat untuk membangun karakter mahasiswi seperti etika, kedisiplinan, kebersamaan,kejujuran, tanggung jawab,komitmen tangguh dan peduli terhadap orang lain.

Sebagaimana diketahui bahwa Malang adalah salah satu kota pendidikan, karena banyaknya perguruan tinggi yang populer dan berkualitas, sehingga menjadi kota tujuan dari kalangan muda berbagai daerah, untuk menimba ilmu, termasuk dari Kabupaten HSS.

Adapun jumlah mahasiswa dan mahasiswi asal Kabupaten HSS baik tingkat diploma, S1, maupun S2 kurang lebih 80 orang, terdiri dari putra 45 orang putra,35 orang putri.

Baca juga: Advetorial - Bupati HSS Bangunkan Asrama Malaris Malang

"Beberapa tahun yang lalu Pemkab HSS telah menyediakan bangunan asrama putra yang cukup megah dengan jumlah kamar sebanyak 17 buah dan Alhamdulillah bisa menampung sebagian besar mahasiswa kita, begitupun kini kembali disediakan bangunan cukup megah pula untuk asrama putri," katanya.

Menurut dia, hal ini tentunya merupakan buah dari perhatian yang serius Bupati dan Wakil Bupati HSS H Achmad Fikry dan Syamsuri Arsyad  terhadap seluruh warganya, tidak hanya dalam daerah namun juga diluar daerah, terutama para mahasiswa dan mahasiswi dari HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019