Bupati Hulu Sungai Selatan(HSS) H. Achmad Fikry meresmikan Asrama Putri HSS di Malang Jawa Timur, peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita dan dilanjutkan dengan berkeliling melihat suasana asrama.

Ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi Kabupaten HSS di atas rata-rata nasional selain itu angka kemiskinan menurun tajam dan angka pengangguran terbuka juga menurun.

"Ini artinya bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dalam pengelolaan keuangan berkorelasi dengan kesejahteraan," katanya, saat memberi sambutan dalam kegiatan peresmian, bertempat di Asrama Putri HSS, Komplek Perumahan Fortuna Joyosuko Regency Blok C, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Sabtu(30/3).

Dijelaskan dia, disisi lain juga berbagai penghargaan tingkat nasional banyak diraih Kabupaten HSS. Ini semua menjadi motivasi untuk selalu memberikan yang terbaik bagi HSS, tugas pihaknya hanya bekerja.
Peresmian Asrama Putri HSS di Malang (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS terima kunjungan KM HSS Malang

Mulai tahun 20019 ini semua warga HSS  berobatnya dijamin dengan program BPJS Semesta, jadi menurutnya setelah ada beras gratis bagi masyarakat kurang mampu, kemudian rumahnya diperbaiki, selanjutnya pada saat berobat Pemkab HSS yang menjamin lewat program BPJS Semesta.

Program BPJS semesta merupakan langkah kongkrit untuk mengawal dan memberikan jaminan dan perlindungan kesehatan untuk masyarakat HSS, dana Rp31 milyar lebih direncanakan untuk digunakan dalam pembayaran BPJS semesta.

Bantuan rehab rumah sejehtera merupakan program pihaknya, karena kalau rumah masyarakat sangat diperhatikan, makanya anak-anak yang tinggal di luar daerah pun diperhatikan agar nyaman menempati tempat tinggal di asrama sehingga dampaknya nyaman belajar.
 
"Oleh karena itu menjadi motivasi kami dalam membangun asrama, Pemkab HSS itu membangun asrama tidak hanya di luar daerah seperti di Malang,dan Yogyakarta namun juga ada di beberapa daerah lain," katanya.

Bangunan tersebut ada di Martapura ada dua asrama santri, di Banjarbaru ada asrama putra putri, di Banjarmasin ada asrama UIN IAIN putra putri, dan di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ada asrama putra, dan kalau di Yogyakarta ada asrama putra.

"Kami gencar dalam membangun asrama karena saya Bupatinya, juga pernah mengkost waktu kuliah di Yogyakarta serta pernah juga di asrama, ini semangat kita untuk mendorong mereka  para mahasiswa menempati rumah yang nyaman," katanya.
Peresmian Asrama Putri HSS di Malang (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS himbau pengurangan kemasan plastik sekali pakai

Menurut dia, di bagian belakang ada lahan kosong maka nanti Dinas PUTR HSS merancang untuk membangun tanah yang kosong tersebut, untuk menambah jumlah kamar menjadi lebih banyak, dengan bangunan lantai tiga. 

Kepada para mahasiswa, ia berpesan agar menjaga nama baik Kabupaten HSS, bisa menyesuaikan dengan lingkungan dan pada saat nanti kalau ada agenda berkumpul agar waktunya dijaga, jangan sampai mengganggu pemukiman atau lingkungan sekitar.
 
"Jadilah kalian penghuni yang disenangi oleh masyarakat sekitar, sekaligus saya bertitip kepada lurah, babinsa, dan masyarakat sekitar," katanya.

Turut berhadir, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) HSS MK Saputra, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, dan para kepala OPD terkait.
Peresmian Asrama Putri HSS di Malang (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019