Sebelas partai politik (Parpol) mengikuti verifikasi faktual tahap kedua yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Menurut Ketua KPUD Tabalong, Fahriansyah, di Tanjung ibukota Kabupaten Tabalong,Rabu verifikasi faktual tahap pertama hanya empat Parpol yang lolos seleksi.

"Empat parpol yang lolos seleksi verifikasi tahap pertama yakni partai Nasdem, Golongan Karya, Hanura, dan PBB, sisanya sebanyak 11 partai masih mengikuti verifikasi tahap kedua," jelas Fahriansyah.

Hingga Rabu (14/11), tiga parpol telah lolos seleksi verifikasi tahap kedua yang akan dilaksanakan hingga 8 Desember 2012.

Dari sebelas parpol yang telah lolos seleksi verifikasi tahap kedua yakni Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Dalam verifikasi faktual tahap kedua, tiap parpol wajib memenuhi syarat keanggotaan minimal 10 persen dari jumlah penduduk Tabalong yakni 254 orang dan baru tiga parpol yang telah memenuhi ketentuan," tambah Fahriansyah.

Verifikasi faktual yang dilaksanakan KPUD Tabalong sendiri dimulai sejak 7 hingga 9 Nopember lalu dengan mengecek keanggotaan masing-masing parpol yang tersebar di 12 kecamatan.

"KPUD menurunkan tiga tim untuk langsung mengecek syarat keanggotaan dan kepengurusan dari tiap parpol, beberapa parpol memang belum memenuhi ketentuan dan kita beri waktu untuk melengkapinya," jelasnya lagi.

Sementara itu delapan parpol yang belum menyelesaikan verifikasi tahap kedua yakni Partai Demokrat, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), PPPN, Gerindra dan PAN.

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2012