Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanah Laut (DPMD Tala), Kalimantan Selatan  melaksanakan Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan Desa Tahap 1 Tahun Anggaran 2019, di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Jumat (15/3)

Dalam laporannya Sekretaris DPMD Tanah Laut Yayan Alfian  menjelaskan,  rapat kordinasi itu  dilaksanakan untuk mengevaluasi dan menyamakan persepsi dalam pengelolaan keuangan desa dan mengimplementasikan peraturan-peraturan dan kebijakan yang ada.

Bupati Tanah Laut  H Sukamta berharap,melalui rapat koordinasi tersebut  terjadi percepatan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

"Apalagi tahun 2019 ini terjadi peningkatan Anggaran Dana Desa (ADD) signifikan. ADD bersumber dari APBN sebesar Rp107 miliar,”ucapnya.

Sedangkan ADD dari APBD, jelas dia,  sebesar Rp127 miliar, bahkan di Kalsel Kabupaten Tanah Laut satu-satunya yang berani memberikan 15 persen untuk Alokasi Dana Desa.

"Dana ini tentu harus  dikelola dengan baik dan benar, sehingga betul-betul menjadi  daya dorong dan bermanfaat untuk kepentingan masyarakat desa,"harap Sukamta.

Penggunaan dana desa harus tepat sasaran, pintanya, agar  dapat mendukung unit-unit ekonomi yang tengah berkembang, termasuk  infrastruktur yang mendukung perekonomian masyarakat, misalnya membangun jalan usaha tani di desa,"tegasnya.

Selanjutnya Sukamta juga meminta, agar kepala desa dan perangkat desa betul-betul mengikuti rapat koordinasi tersebut agar tidak ada permasalahan dalam penggunaan ADD.

"Harus taat pada asas dan aturan yang berlaku agar tidak ada permasalahan dikemudian hari,"tandas Sukamta.

Acara tersebut dihadiri Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKAD) Muhammad Darmin, Camat se-Tanah Laut dan  Kepala Desa serta Perangkat Desa se-Tanah Laut.

 


 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019