Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mengajak kepada para siswa siswi untuk meningkatkan minat baca buku tentang ilmu pengetahuan umum, ilmu agama serta berbagai ilmu pendidikan yang diajarkan disekolah.

Kepala SMPN 4 Simpang Empat Tanah Bumbu, Marwanto melalui Guru Bimbingan Konseling Mariono, di Batulicin mentakan, upaya dalam mengajak para siswa-siswi di sekolah tersebut agar gemar membaca buku yakni dengan menggandeng Perpustakaan Umum daerah.

"Perpustakan umum Daerah Tanah Bumbu memberikan fasilitas dengan menyediakan perpustakaan keliling yang dijadwaklan pada hari tertentu untuk berkunjung di sekolah," katanya.

Menurut dia, minat anak-anak dan para siswa untuk membaca buku saat ini mulai berkurang akibat hal tersebut diakibatkan munculnya sosial media melalui HP.

Banyak anak lebih suka bermain media sosial di HP dibandingkan membaca buku, bahkan kalau sudah memegang hp mereka tahan berjam-jam namun untuk membaca buku kurang dari satu jam saja sudah bosan atau jenuh.

Hal seperti ini perlu adanya dukungan dari para wali murit untuk ikut melakukan pengawasan terhadap anaknya agar tidak bermain HP terlalu lama bahkan menghilangkan semngat belajar anak tersebut.

Untuk terus meningkatkan semangat siswa dalam membaca buku maka SMPN 4 Simpang Empat terus melakukan koordinasi dengan Perpustakaan Daerah Tanah Bumbu untuk menyediakan buku-buku yang lebih menarik dan berkaitan dengan pengetahuan umum, sosial, budaya dan agama.

"Dengan meningkatkan semangat anak gemar membaca buku maka yang bersangkutan dapat berfikir dan bisa merubah tingkah laku kehidupan mereka untuk lebih baik dan memiliki ahlak yang mulia," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019