Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Lembaga Pelatihan Kerja Sentra Mitra Karya di Kabupaten Hulu Sungai Utara mengajak kepala desa bermitra meningkatkan sumber daya manusia  desa dengan menggelar pelatihan kerja memanfaatkan potensi desa.

Pimpinan Lembaga Pelatihan Kerja Sentra Mitra Karya. (LPK Semitra) Khairunnisa di Amuntai Rabu mengatakan, pihaknya berinisiatif menggelar pertemuan dengan para kepala desa di semua kecamatan.

"Kita ingin bermitra dengan para kepala desa di bidang pemberdayaan masyarakat untuk menyelenggarakan pelatihan kerja yang bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia di desa," ujar Khairunisa.

Khairunnisa mengatakan, pemerintahan desa bisa memanfaatkan dana desa berdasarkan hasil pemusyawaratan desa dengan menyelenggarakan pelatihan kerja.

LPK Semitra, kata Nisa menyediakan tenaga instruktur untuk jurusan pelatihan kerja menjahit, komputer, bangunan, tata boga, pengolahan hasil pertanian, otomotif, furniture (meubel aluminium) elektronik, las, tata kecantikan dan lainnya.

Diinformasikan, pada 2017 sudah sebanyak 30 desa yang bekerja sama dengan LPK Semitra sebanyak 43 paket, pada 2018 bertambah 21 desa lagi sebanyak 27 paket dan hampir semua kecamatan sudah menyelenggarakan pelatihan yang bermitra dengan LPK Semitra kecuali Paminggir karena lokasinya cukup jauh.

"Pada 2017 dan 2018 tersebut jurusan yang paling diminati untuk diselenggarakan didesa adalah menjahit, komputer, tata boga dan bangunan," kata Nisa.

Selama dua tahun LPK Semitra berdiri, sudah menerbitkan sebanyak 1.277 sertifikat  pelatihan kerja yang bermitra dengan pemerintahan desa. Sebanyak 465 sertifikat khusus program sadar informasi teknologi dan informatika (Santika).

"Selain itu juga ada sertifikat program Kasera sebanyak 250 sertifikat," katanya.

Pimpinan LPK Semitra ini berharap lebih banyak lagi kepala desa yang bersedia bermitra dengan LPK Semitra untuk menyelenggarakan pelatihan dengan menggunakan dana desa.

Ada pun jenis jurusan yang pelaksanaanya diserahkan sepenuhnya kepada pihak desa sesuai potensi usaha yang bisa berkembang didesa bersangkutan.

Nisa menerangkan bagi kepala desa yang berminat melaksankan pelatihan bisa mengajukan surat permohonan kepada LPK Semitra di Jalan Bihman Villa Rt.08 No.25 Kelurahan Antasari Kecamatan Amuntai Tengah. Telpon (0527) 6060-133 Hp. 0852 3415 3853.

"Setelah permohonan desa di setujui LPK Semitra, desa bisa membuatkan SK penyelenggara yang selanjutnya kedua belah pihak menyusun jadwal pelaksanaan pelatihan," jelasnya.

Pihak LPK Semitra hingga pekan depan kemungkinan masih melakukan 'road show' pertemuan dengan para kepala desa di sejumlah kecamatan, untuk melakukan sosialisasi peningkatan kualitas dan produktivitas SDM bidang pelatihan keterampilan.

Hingga hari ini sudah tiga kecamatan yang dikunjungi yakni Amuntai Tengah, Sungai Pandan dan Haur Gading.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019