Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Anggota Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalimantan Selatan menggelar kerja bakti membersihkan Sungai Veteran di Banjarmasin Tengah, Rabu (20/2) pagi.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 itu dipimpin langsung Sang Direktur Kombes Pol Rizal Irawan.

Dirreskrimsus mengatakan, sampah plastik dan eceng gondok yang banyak terdapat di aliran sungai kecil di perkotaan itu sangat mengganggu.

Selain mengganggu fungsi sungai sendiri sebagai tempat penampungan air di kala hujan, tumpukan sampah menjadi lingkungan tidak sehat dan menjadikan pemandangan tidak sedap bagi kawasan di tengah kota tersebut.
Terlaksananya kegiatan tersebut, diharapkan Rizal dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian kolektif serta membangun optimisme bersama dari seluruh pemangku kepentingan termasuk kalangan generasi muda.

Selain itu, Rizal berharap pula meningkatnya kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan dan persoalan sampah.

"Setidaknya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan mampu bangkit kembali melalui kegiatan sosial seperti ini. Baik dimulai dari lingkup keluarga dan lingkungan sekitar hingga ke wilayah yang lebih luas lagi,” pungkasnya.
Seperti diketahui, rangkaian menyambut Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari, dilakukan Polda Kalsel dengan menggiatkan kerja bakti bersih-bersih.

Sebelumnya Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani memimpin anggota membersihkan sampah di Pasar Kuripan Banjarmasin. 

Bahkan pada puncak peringatan HPSN tahun ini tanggal 21 Februari 2019, Polda Kalsel merencanakan menggelar upacara di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Basirih di Banjarmasin Selatan.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019